190 Kali Bertemu, Ini Fakta-Fakta Unik Pertandingan Arsenal dan Chelsea

Posted on

Derby London, tentunya ada dua klub raksasa yang langsung terbayang di benak banyak penggemar si kulit bundar. Ya, duel antara klub London Utara dan London Barat memang menjadi tontonan paling menarik bagi semua orang.

Chelsea dan Arsenal adalah dua bintang utamanya. Sepanjang sejarah pertandingan keduanya, The Gunners –begitu Arsenal disebut– dan The Blues –julukan Chelsea– tercatat 190 kali melakoni duel sengit.

Laga pertama kali dua klub hebat itu sendiri terjadi pada 9 November 1907. Kala itu, skuad biru berhasil mengalahkan Meriam London dengan skor 2-1. Loncat ke laga teranyar, sejarah skor yang sama kembali terulang. Namun, kali ini Arsenal jawaranya. Pada final Piala FA 27 Mei 2017 yang sekaligus menjadi pertemuan teranyar kedua tim, The Gunners menang dengan skor 2-1.

Sementara dari 190 pertemuan di berbagai kompetisi selama sejarah tim, Didier Dogba berhasil mengukuhkan diri menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 13 gol. Sementara di gelaran Liga Inggris sendiri, masih Dogba orangnya.

Namun, pemain legendaris Arsenal asal Prancis, Thierry Henry, ikut berada di urutan pertama top scorer pertandingan Liga Inggris antara Arsenal dan Chelsea. Baik Dogba maupun Henry, sama-sama mencetak delapan gol sekaligus menjadi rekor gol terbanyak.

Nah, tak puas hanya berbicara masalah pemain, Derby London pun punya fakta unik terkait nakhoda tim yang harus Anda ketahui. Ya, berbicara soal pelatih, Arsene Wenger boleh jadi tak terpisahkan dari skuad Meriam London dengan masa bakti selama lebih dari dua dekade.

Asuh Arsenal sejak 1996, pelatih berpaspor Prancis itu telah bertemu 12 pelatih Chelsea yang berbeda baik di pertemuan Arsenal vs Chelsea di Inggris maupun pada duel panas kedua tim di panggung internasional.

Tak hanya itu, skor terburuk bagi tim kalah, sekaligus kemenangan terbesar bagi sang jawara, tercatat dalam pertemuan pada 22 Maret 2014 di gelaran Liga Inggris. Saat itu, Chelsea berhasil menundukkan Arsenal dengan skor 6-0.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Ya, tak hanya menyaksikan anak asuhnya dibantai, pertandingan tersebut juga menambah mimpi buruk bagi Wenger. Pelatih berusia 67 tahun itu mencatat rekor buruk pada laga di pertandingan ke-1.000 baginya.

TAG : Sejarah Derby Derby London Arsenal Chelsea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *