AFC U-20 FUTSAL CHAMPIONSHIP: Berkat Gol Dramatis, Peluang Indonesia Lolos ke Perempatfinal Terbuka Lebar

Posted on

Timnas Futsal Indonesia U-20 saat bersiap tampil. (Foto: Mas Ben/FFI)

TIMNAS Futsal Indonesia U-20 tampil luar biasa di laga ketiga Grup B AFC U-20 Futsal Championship, Kamis (18/5/2017) sore WIB. Meski dihadapkan dengan Vietnam yang merupakan salah satu tim unggulan, Ardiansyah Runtuboy dan kawan-kawan sanggup menahan sang lawan dengan skor 1-1.

Bahkan secara permainan, Indonesia sejatinya lebih unggul ketimbang Negeri Paman Ho –julukan Vietnam. Namun, pressing ketat plus pertahanan rapat yang ditunjukkan tim asuhan Hector Souto Vazquez membuat Indonesia yang dimotori Syauqi Saud kesulitan mencetak gol.

Keasyikan menyerang, gawang Indonesia dijebol Vietnam pada menit 34 (sisa enam menit pertandingan). Melalui situasi set-piece, tembakan D.N Linh tak dapat diantisipasi penjaga gawang Timnas Indonesia, Muhammad Al Bagir.

Tertinggal satu gol, Indonesia pun menerapkan strategi power play. Power play ialah pola permainan yang tidak memainkan penjaga gawang. Hal itu berarti, kelima pemain yang ada di lapangan berstatus outfield player.

Setelah menekan tanpa henti, Indonesia akhirnya mampu menyamakan kedudukan ketika pertandingan menyisakan delapan detik! Seisi Indoor Stadium Huamark, awalnya menyangka laga akan berakhir kemenangan untuk Vietnam.

Namun sesaat sebelum wasit Husain Ali Albahhar meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, Indonesia mencetak gol via Samuel Eko. Gol berawal dari tembakan Ardiansyah Runtuboy yang sebenarnya menyamping dari gawang Vietnam. Namun sebelum bola keluar, Eko membelokkan si kulit bulat dan membuat skor imbang 1-1.

Berkat hasil itu, Indonesia masih bertengger di puncak klasemen Grup B AFC U-20 Futsal Championship U-20 dengan koleksi tujuh angka. Tim asuhan Yori van der Torren itu unggul tiga angka dari Vietnam di posisi dua (Vietnam baru memainkan dua pertandingan).

Saat ini pesaing Indonesia dan Vietnam yakni Jepang sedang melakoni pertandingan kontra Tajikistan. Sebelum melawan Tajikistan, Jepang baru menghadapi Taiwan dan menang 4-0.

Pada Jumat 19 Mei 2017 siang WIB, Indonesia akan menjajal Jepang. Jelas kemenangan menjadi target demi memuluskan jalan ke perempatfinal. Sekadar informasi, hanya dua tim teratas yang berhak lolos ke perempatfinal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *