AFC U-20 FUTSAL CHAMPIONSHIP: Siapa Raih Trofi Perdana, Iran atau Irak?

Posted on

Iran tantang Irak di final AFC U-20 Futsal Championship. (Foto: AFC)

AFC U-20 Futsal Championship memasuki partai puncak pada Jumat (26/5/2017) malam WIB. Pada partai puncak yang dilangsungkan di Bangkok Arena mempertemukan dua tim asal Asia Barat, Iran vs Irak.

Yang menjadi pertanyaan, tim mana yang nantinya mampu merebut trofi perdana? Disebut trofi perdana karena turnamen AFC U-20 Futsal Championship baru pertama kali diadakan.

Jika ukurannya performa dari fase grup, plus sejarah di tim senior, jelas Iran lebih dijagokan untuk mengangkat trofi di akhir pertandingan. Di Fase Grup AFC U-20 Futsal Championship, Iran yang dimotori Hamzeh Kadkhoda tergabung bersama Mongolia, Kyrgyzstan, Uni Emirat Arab dan China di Grup D.

Hebatnya dalam empat pertandingan itu Iran selalu menang dan mencetak 27 gol serta hanya kemasukan dua bola! Berkat kesuksesan menjadi juara Grup D, Iran bersua Lebanon di perempatfinal. Tanpa ampun, Iran menghancurkan Lebanon 6-2.

Musuh berat harus dihadapi Iran di semifinal. Bertemu tuan rumah Thailand, Iran bermain 3-3 hingga waktu normal berakhir. Akan tetapi di masa perpanjangan waktu, Iran yang di level senior 11 kali juara Asia mencetak empat gol tambahan berbanding dua milik Thailand, sekaligus mengakhiri pertandingan dengan skor 7-5.

Sementara Irak yang dimotori Abbas Ali Dakheel juga memiliki catatan impresif. Di Fase Grup A yang dihuni tuan rumah Thailand, Afghanistan, Malaysia, Bahrain dan Brunei Darusallam, Irak sukses menyapu bersih pertandingan dengan kemenangan. Dalam lima pertandingan itu Irak mengemas 25 gol dan kemasukan 10 kali.

Lawan berat baru mereka hadapi di perempatfinal. Bertemu Jepang, Irak hanya menang 1-0 dan sepanjang pertandingan Tim Negeri Sakura memberikan perlawanan hebat kepada mereka. Sementara di semifinal, Irak menghancurkan Uzbekistan 5-1.

Secara performa di sepanjang AFC U-20 Futsal Championship, Iran dan Irak agak serupa. Namun, faktor sejarah bisa membantu Iran untuk menjadi kampiun. Sekadar diketahui, tim senior Iran mampu 11 kali jadi raja di Asia, sedangkan Irak tak pernah sekalipun menjadi juara. Jangankan menjadi juara, finis di posisi tiga mereka pun tak pernah. Ambisi mengikuti jejak sang senior membuat Iran berpotensi besar menjadi yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *