AFC U-20 FUTSAL CHAMPIONSHIP: Urusan Mencetak Gol, Indonesia Harus Manfaatkan Situasi Set-Piece

Posted on

Indonesia saat berduel kontra Vietnam. (Foto: AFC)

URUSAN mencetak gol di olahraga futsal, caranya tidak hanya melewati strategi open play atau permainan terbuka. Salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan di olahraga futsal ialah mencetak gol lewat situasi set-piece atau bola mati.

Nah, Timnas Futsal Indonesia U-20 belum terlalu memanfaatkan situasi set-piece tersebut untuk mengoyak jala gawang lawan. Dari 15 gol yang telah dibuat Samuel Eko dan kawan-kawan, hanya empat di antaranya yang dicetak lewat situasi bola mati.

Sebanyak tiga di antaranya diciptakan saat bertemu Tajikistan, sedangkan sisanya ketika mengalahkan Taiwan 6-2. Ketika menghadapi Vietnam dan Jepang, strategi set-piece Indonesia berhasil dimatikan.

Karena itu, kekurangan dalam pemanfaatan set-piece harus segera dibenahi saat menghadapi Thailand di perempatfinal AFC U-20 Futsal Championship 2017. Apalagi, Thailand bukanlah tim sembarangan. Selain berstatus tuan rumah, Tim Negeri Gajah Putih adalah salah satu unggulan di turnamen yang baru pertama kali diadakan itu.

Meski demikian, Indonesia sangat piawai mencetak gol dalam situasi open play. Dari 15 gol yang dicetak Indonesia di Fase Grup B AFC U-20 Futsal Championship, sebanyak 11 di antaranya diciptakan lewat open play. Bahkan tiga gol yang dibuat ke gawang Jepang semuanya dicetak melalui situasi open play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *