Butuh Gelandang Double Pivot, Juventus Serius Dekati Fabinho

Posted on

Fabinho masuk radar Juventus. (Foto: REUTERS/Eric Galliard)

SEJAK Januari 2017, Juventus meninggalkan pola andalan 3-5-2 dan beralih ke formasi 4-2-3-1. Pola tersebut melambungkan Juventus dengan catatan tak terkalahkan dalam 15 laga beruntun.

Memang terhitung sejak Januari 2017, pelatih Massimiliano Allegri sempat beberapa kali memainkan pola 3-4-2-1. Namun tetap saja, pola 4-2-3-1 menjadi pakem utama juru taktik berusia 49 tahun itu.

Dalam pola 4-2-3-1, Juventus butuh gelandang double pivot yang tak hanya kukuh dalam bertahan, namun juga aktif saat menyerang. Di deretan gelandang saat ini, Allegri biasa mengandalkan Sami Khedira dan Miralem Pjanic.

Jika keduanya absen, Allegri akan menurunkan Claudio Marchisio, Mario Lemina hingga Stefano Sturaro. Jelas, ketiga nama di atas tak bisa terlalu diandalkan. Selain sering cedera, ketiganya juga tak konsisten.

Karena itu, seperti diberitakan Football Italia, Jumat (26/5/2017), Juventus mengincar gelandang AS Monaco, Fabinho. Gelandang berpaspor Brasil itu tampil luar biasa saat bertugas sebagai gelandang dalam pola 4-4-2 Monaco racikan Leonardo Jardim.

Sepanjang musim ini, Fabinho mampu mengemas 12 gol dan 6 assist dari 55 penampilan. Untuk mendapatkan gelandang berusia 23 tahun itu, Juventus berani merogoh kocek 30 juta euro atau sekira Rp446 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *