Cari Pemain Potensial, PSSI Dorong Daerah Perbanyak Kompetisi Sepakbola

Posted on

Ilustrasi kantor PSSI saat di Senayan. (Foto: ANTARA/Wahyu Putro)

PADANG – Anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI Pusat, Verry Mulyadi menyatakan dukungannya untuk memperbanyak penyelenggaraan turnamen di daerah dalam menggali potensi pemain muda untuk diarahkan menjadi pemain profesional.

“Indonesia saat ini masih kekurangan pemain sepakbola profesional, karena itu kami ingin mencari bibit potensial di mulai dari daerah,” katanya di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan saat ini Indonesia hanya mempunyai 67 ribu pemain profesional, jumlah tersebut masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga yang memiliki jumlah penduduk yang lebih sedikit dari Indonesia. Setidaknya pada tahun ini pihaknya akan mengejar target mencetak pemain muda yang berbakat hingga berjumlah 2.500 orang.

Kami ingin jumlah tersebut bisa bertambah setiap tahunnya yang dipenuhi dengan pemain-pemain muda daerah berbakat,” ujarnya.

Seperti saat ini, pihaknya telah menggagas sebuah kesepakatan untuk memberikan kesempatan kepada pemain muda tampil lebih lama di Liga 1 Indonesia.

“Kesempatan itu juga salah satu dukungan kami dalam membentuk pemain profesional Indonesia,” katanya.

Ia menjelaskan selama ini tim sepak bola Indonesia menganut sistem senioritas, yang mana cara seperti ini menutup kesempatan bagi pemain muda dalam menunjukan kemampuannya bermain.

“Sehingga pemain-pemain ini kehilangan percaya dirinya untuk bisa bersaing dengan pemain senior di timnya,” ujarnya.

Ia mengharapkan agar para pemain muda ini bisa terbentuk menjadi pemain profesional yang bisa bermain di taraf internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *