Comeback Luar Biasa Loloskan Gladbach

Posted on
Comeback Luar Biasa Loloskan Gladbach Foto: REUTERS/Max Rossi

Florence – Fiorentina sempat berada di atas angin dan terlihat akan lolos. Tapi, Borussia Moenchengladbach secara luar biasa membalikkan keadaan dan menyingkirkan wakil Italia itu.

Gladbach menang 4-2 atas Fiorentina pada laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa di Artemio Franchi, Jumat (24/2/2017) dinihari WIB. Hasil tersebut meloloskan Die Fohlen ke babak berikutnya dengan agregat 4-3.

Setelah menang 1-0 di kandang Gladbach pada pekan lalu, Fiorentina sebenarnya mengawali pertandingan dengan sangat baik. Dalam waktu kurang dari setengah jam, La Viola mencetak dua gol untuk memperbesar keunggulan agregat menjadi 3-0.

Nikola Kalinic membuka skor pada menit ke-16. Striker asal Kroasia itu menjebol gawang Gladbach setelah menuntaskan umpan terobosan dari Federico Bernardeschi.

Keunggulan Fiorentina bertambah pada menit ke-29 lewat gol Borja Valero. Gol ini tak lepas dari kesalahan fatal Jannik Vestergaard, yang terjatuh ketika hendak menendang bola di wilayah pertahanan Gladbach. Borja Valero pun bak mendapatkan durian runtuh. Dia langsung menggiring si kulit bundar dan melesakkannya ke dalam gawang tanpa bisa dicegah kiper Yann Sommer.

Pada menit ke-44, Gladbach mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran terhadap Jonas Hofmann. Lars Stindl maju sebagai algojo dan sukses menaklukkan penjaga gawang Ciprian Tatarusanu.

Saat turun minum, Fiorentina masih memimpin 2-1 dan secara agregat masih unggul 3-1.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Gladbach menyamakan skor lewat gol kedua Stindl. Berawal dari sebuah sepak pojok, tercipta kemelut di kotak penalti Fiorentina dan sontekan Stindl mengubah kedudukan jadi 2-2.

Stindl kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-55 untuk melengkapi hat-trick-nya. Hofmann yang mengambil tendangan bebas mengirimkan operan pendek ke arah Stindl. Stindl menyambutnya dengan sebuah tembakan keras yang merobek gawang Fiorentina.

Gladbach pun unggul 3-2, sementara agregat berubah menjadi 3-3. Dalam situasi ini, Gladbach akan lolos berkat aturan gol tandang.

Hanya berselang lima menit, Gladbach mencetak gol keempatnya. Umpan silang Hofmann disambar Andreas Christensen dengan sundulan jarak dekat. Gol Christensen tersebut menjadi gol terakhir pada laga ini sekaligus menyempurnakan comeback luar biasa dari Gladbach.

Susunan Pemain
Fiorentina: Tatarusanu; Sanchez, Gonzalo Rodriguez, Astori; Chiesa, Badelj (Babacar 64), Vecino, Olivera; Borja Valero, Bernardeschi (Ilicic 64); Kalinic

Borussia Monchengladbach: Sommer; Jantschke, Christensen, Vestergaard, Wendt; Herrmann, Kramer, Dahoud (Strobl 80), Hofmann (Johnson 73); Hazard (Drmic 27), Stindl

(mfi/mrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *