Courtois: Gol Pertama Arsenal Tidak Sah

Posted on
Courtois: Gol Pertama Arsenal Tidak Sah Foto: Action Images via Reuters / Lee Smith

London – Kiper Chelsea Thibaut Courtois menyebut gol pertama Arsenal tidak seharusnya disahkan. Meski begitu, the Gunners dinilainya memang layak juara.

Arsenal berhasil menggagalkan ambisi Chelsea mengawinkan gelar domestik, usai merengkuh trofi Piala FA. Di final, pasukan Arsene Wenger itu menang dengan skor 2-1 , dalam laga di Wembley pada Sabtu (27/5/2017).

Tampil agresif sejak awal, Arsenal menciptakan gol cepat lewat Alexis Sanchez di menit keempat. Akan tetapi proses terjadinya gol tersebut terbilang kontroversial.

Operan Sanchez ditujukan kepada Aaron Ramsey di kotak penalti, yang berada dalam posisi offside. Namun, Ramsey tidak menyentuh bola dan dikejar Sanchez untuk diceploskan ke gawang yang dijaga Courtois.

Bendera hakim garis sudah diangkat. Wasit lantas berdiskusi dengan assistennya sebelum memutuskan untuk tetap memberi Arsenal gol tersebut guna memimpin 1-0 sampai turun minum.

“Kami sudah jelas merasa kecewa tapi aku ingin bilang selamat kepada Arsenal. Mereka tampil bagus,” kata Courtois yang dikutip BBC Sport.

“Gol pertamanya tidak seharusnya disahkan — gol itu jelas hand ball dan kemudian Ramsey dalam posisi offside karena dia ikut campur dalam permainan. Setelah gol itu, kami mencoba bermain tapi mereka memang pantas unggul.”

Setelah kehilangan Victor Moses yang dikartumerah di menit 68, the Blues justru mampu mencetak gol penyama lewat Costa delapan menit setelahnya. Akan tetapi, tidak sampai lima menit kemudian Aaron Ramsey mengembalikan keunggulan Arsenal sekaligus memastikan kemenangan timnya.

“Kemudian kami bermain dengan 10 orang dan kartu merahnya memang tepat. Victor Moses tidak perlu minta maaf,” imbuh kiper Belgia itu.

“Aku tidak akan bilang bahwa kami terkejut [dengan performa Arsenal] karena performa bagus mereka di empat atau lima laga terakhir di liga, Arsenal meningkatkan level permainannya jadi kami memang sudah menduga laga akan berat.”

“Ketika Anda mencetak gol, Anda mendapatkan momentum dan bisa membangun dari situ. Kami mencoba tapi jelas tidak cukup. Kalau Anda bermain di final Anda membangun dari situ dan mungkin mereka berusaha lebih keras karena kami sudah memenangi liga,” simpul Courtois.

(rin/mfi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *