Data dan Fakta Menarik dari Final Piala FA

Posted on
Data dan Fakta Menarik dari Final Piala FA Alexis Sanchez merayakan sukses Arsenal menjadi juara Piala FA 2017. Foto: Reuters / John Sibley

Jakarta – Arsenal keluar sebagai juara Piala FA musim ini. Sejumlah data dan fakta menarik tercatat dari final antara The Gunners dengan Chelsea di Wembley itu.

Arsenal mengunci gelar juara Piala FA dengan mengalahkan Chelsea 2-1 di Stadion Wembley, Sabtu (27/5/2017). Arsenal sudah mampu unggul lebih dulu lewat gol cepat Alexis Sanchez di menit keempat.

Chelsea makin pincang saat kehilangan Victor Moses yang diusir keluar lapangan pada menit ke-68. Namun, The Blues mampu mencetak gol penyama lewat Diego Costa. Hanya beberapa menit berselang, Aaron Ramsey mencetak gol kedua dan memastikan kemenangan Arsenal.

Kemenangan itu menjadi kemenangan kedua bagi Arsenal atas Cheslea di musim ini. Sudah cukup lama The Gunners mampu mengalahkan Chelsea dua kali dalam satu musim. Sejak kapan?

Berikut statistik menarik dari final Piala FA 2016/2017:

– Arsenal mengalahkan Chelsea dua kali dalam satu musim (dari semua kompetisi) untuk pertama kalinya sejak 2003/2004.

– Per Mertesacker menjalani pertandingan pertama bersama Arsenal pada 30 April 2016 (menghadapi Norwich), 392 hari.

– Gol Alexis Sanchez pada menit ketiga dan 49 detik menjadi gol tercepat di final Piala FA.

– Sanchez mencetak lima gol secara beruntun dalam semua kompetisi untuk pertama kalinya.

– Pemain Chile itu secara langsung berkontribusi dalam 45 gol dalam 51 kali penampilan bersama Arsenal musim ini (30 gol dan 15 assist).

– Victor Moses menjadi pemain kelima yang diusir keluar lapangan dari final final Piala FA setelah Cris Smalling (Manchester United pada 2016), Pablo Zabaleta (Manchester City pada 2013), Jose Antonio Reyes (Arsenal pada 2005), Kevin Moran (Manchester United pada 1985).

– Diego Costa mencetak gol ke-22 musim ini bersama Chelsea dalam semua kompetisi.

– Olivier Giroud berkontribusi dalam empat gol dalam empat pertandingan untuk Arsenal dalam semua kompetisi (tiga gol dan satu assist).

(fem/cas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *