Dihajar Laos 3-2, Timnas Indonesia Jadi Juru Kunci di Grup A Piala AFF U-15

Posted on

(Foto: Bolalob)

CHONBURI – Timnas Indonesia melakoni laga pamungkasnya di babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 dengan menghadapi Laos di IPE Chonburi Campus Stadium, Sabtu (15/7/2017) sore WIB. Meski tampil menekan, Timnas Indonesia harus mengakui kemenangan Laos 2-3 pada laga ini.

Kekalahan tersebut pun membuat Timnas Indonesia harus puas menempati urutan paling buncit di klasemen akhir Grup A Piala AFF U-15. Tim arahan Fachri Husaini hanya mampu mengemas satu poin dari lima pertandingan yang mereka lalui.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas U-16 memulai laga kontra Laos dengan penampilan yang cukup impresif. Bahkan mereka hampir saja bisa membuka keunggulan melalui aksi dari Amiruddin Bagas. Namun sepakan Bagas masih belum menemui sasaran yang tepat.

Alih-alih mampu mencetak angka, Laos justru mampu lebih dahulu unggul atas Timnas U-16. Adalah upaya sepakan dari Khamsavanh Louanthammakh yang tidak mampu diamankan oleh Pualam Bahari. Laos 1-0 Indonesia.

Tertinggal satu gol membuat Timnas U-16 tampil semakin menekan pertahanan Laos. Alhasil, David Maulana sukses menyamakan kedudukan jadi 1-1, usai sepakannya memanfaatkan bola rebound Kartika Vedayanto meluncur deras ke dalam gawang Thanetavanh Lapnongseng.

Mampu menyamakan kedudukan, Timnas U-16 justru tampil menurun. Situasi tersebut mampu dimanfaatkan oleh Laos dengan kembali unggul melalui sepakan dari Phetsavanh Souvannavong usai menerima sodoran matang dari Khamsavanh Louanthammakh.

Di pengujung babak pertama, Timnas U-16 sebenarnya bisa saja kembali menyamakan kedudukan dari Laos. Akan tetapi sangat disayangkan, upaya sepakan dari Althaf Indie masih belum tepat sasaran. Hingga 40 menit pertama usai kedudukan 2-1 untuk keunggulan Laos atas Timnas U-16 tetap menghiasi papan skor.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, membuat Timnas Indonesia memulai babak kedua pertandingan ini dengan tempo permainan yang cepat. Terhitung ada dua peluang emas yang mereka dapatkan untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun upaya Timnas U-15 masih belum membuahkan hasil.

Upaya Timnas Indonesia untuk bisa menyamakan kedudukan dari Laos akhirnya mampu membuahkan pada menit 63. adalah Rendy Juliansyah yang mampu mencetak gol usai sepakan kerasnya meluncur ke dalam gawang Laos.

Akan tetapi eforia Timnas Indonesia bisa menyamakan kedudukan tidak berselang lama. Pasalnya berjarak dua menit dari gol yang dicetak oleh Rendy Juliansyah, Laos mampu kembali unggul melalui aksi dari Phoutthalak Thongsanith.

Memasuki lima menit jelang laga usai, Timnas Indonesia yang mengincar kemenangan di laga ini semakin mengurung Laos di pertahanan mereka sendiri. Mereka hampir saja bisa kembali menyamakan kedudukan, andai peluang emas Bagas bisa menjadi sebuah gol.

Pada menit-menit akhir jelang laga berakhir, Timnas Indonesia kembali mendapatkan peluang untuk bisa menyamakan kedudukan melalui aksi dari David Maulana. Namun sepakannya masih mampu digagalkan oleh Thanetavanh Lapnongseng, dan hanya berbuah sepak pojok untuk Timnas Indonesia.

Susunan Pemain:

Indonesia U-16 (4-3-3): Pualam Bahari; Made Arya, Amiruddin Bagas, Ahmad Rusadi, Liba Valentino; David Maulana, Kartika Vedayanto, Rendy Juliansyah; Althaf Indie, Amiruddin Bagas, Rifki Dwi

Pelatih: Fakhri Husaini

Laos U-16 (4-5-1): Thanetavanh Lapnongseng; Xeedee Phomsavanh, Songkan Sichanthavong, Noy Phonthongsy, Hatsachanch Phonephavanh; Khamsavanh Louanthammakh, Ananthana Chantamaly, Phoutthalak Thongsanith, Phetsavanh Souvannavong, Chony Wenpaserth; Soubanh Keopheth

Pelatih: Kanyala Sysomvang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *