Ditunjuk sebagai Pelatih Barcelona, Valverde Kalahkan Tiga Pelatih Lain

Posted on

BigTVSport –  Ditunjuk sebagai Pelatih Barcelona, Valverde Kalahkan Tiga Pelatih Lain 

ERNESTO Valverde resmi ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada Selasa (30/5/2017) dini hari WIB. Catatan mentereng bersama klub terdahulu, plus pernah membela Barcelona sewaktu aktif sebagai pemain membuat manajemen Blaugrana –julukan Barcelona– tidak ragu menunjuk juru taktik berusia 53 tahun itu sebagai pelatih.

Pada awal Maret 2017, Luis Enrique selaku pelatih Barcelona mengumumkan pengunduran diri. Saat itu Lucho –sapaan akrab Enrique– mengatakan, akan meninggalkan Barcelona di akhir musim 2016-2017 setelah melewati musim gemilang pada 2014-2015 dan 2015-2016.

Setelah pengumuman pengunduran itu, muncul beberapa nama yang langsung dikaitkan akan menangani Lionel Messi dan kawan-kawan per musim 2017-2018. Sebut saja Ronald Koeman, Diego Simeone, Jorge Sampaoli dan Valverde.

Ketimbang dua nama awal, Sampaoli dan Valverde disebut-sebut lebih berpeluang. Selain pernah membawa Timnas Cile juara Copa America 2015, Sampaoli saat itu juga membawa Sevilla bersaing ketat di jalur juara Liga Spanyol 2016-2017, plus menembus fase 16 besar Liga Champions.

Akan tetapi, performa Sevilla perlahan mulai menurun, tercecer ke urutan empat Liga Spanyol dan tersingkir di 16 besar Liga Champions. Alhasil, manajemen Barcelona pun tak lagi tertarik kepada Sampaoli dan fokus kepada Valverde.

Pada awal pekan lalu, Valverde diumumkan Athletic Bilbao takkan lagi menangani Iker Muniain dan kawan-kawan per musim depan. Akhirnya pada dini hari tadi, Valverde resmi menangani Barcelona dan dikontrak selama dua tahun. Selamat bertugas, Valverde!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *