Ernesto Valverde Ditunjuk Jadi Pelatih, Barcelona Hilangkan Dominasi Penguasaan Bola?

Posted on

BigTVSport –  Ernesto Valverde Ditunjuk Jadi Pelatih, Barcelona Hilangkan Dominasi Penguasaan Bola? 

ERNESTO Valverde ditunjuk manajemen untuk menangani Barcelona pada Selasa (30/5/2017) dini hari WIB. Kedatangan Valverde pun membuat banyak pihak bertanya-tanya, gaya permainan apa yang akan diusung juru taktik berusia 53 tahun itu.

Menurut pengamat sepakbola Spanyol, Guillem Balague, Valverde bukanlah pelatih yang mengagungkan penguasaan bola, pola permainan yang sangat identik dengan Barcelona. Penilaian dilakukan Balague setelah melihat pola 4-2-3-1 yang dikembangkan Valverde saat melatih Athletic Bilbao.

Dalam pola tersebut, Bilbao memang sangat kuat di lini tengah dengan menumpuk lima pemain. Namun, kelima pemain itu tak selalu menekan pertahanan lawan. Ada kalanya, skuad Los Leones –julukan Bilbao– juga menunggu untuk melakukan serangan balik cepat ke pertahanan musuh.

Hal itulah yang sangat berbeda dengan Barcelona. Sejak diambil alih Josep Guardiola pada 2008, Barcelona dikenal sebagai tim yang memiliki penguasaan bola tinggi, plus menekan lawan sepanjang pertandingan. Karena itu, menarik menanti strategi apa yang diterapkan Valverde nanti bersama Barcelona.

“Jika Anda melihat apa yang telah dilakukannya sebagai pelatih, jelas Valverde bukanlah pelatih yang identik dengan Barcelona. Ia tak selalu mendominasi bola, atau menekan lawan sepanjang pertandingan. Valverde terkadang memainkan dua gelandang bertahan, dan juga memainkan pemain bertahan di posisi yang sangat dalam,” kata Balague mengutip dari Sky Sports, Selasa (30/5/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *