Hadapi Manchester United di Final Liga Eropa, Davy Klaassen Tak Terbebani Status Kapten

Posted on

Klaassen (kanan) tidak terbebani dengan status kapten. (Foto: REUTERS/Robert Pratta)

SOLNA – Gelandang Ajax Amsterdam, Davy Klaassen, tak terbebani status kapten yang disandangnya jelang tampil di final Liga Eropa kontra Manchester United, Kamis 25 Mei 2017 dini hari WIB. Klaassen menilai, benda yang melingkar di lengannya itu justru membuatnya akan tampil optimal dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Friends Arena, Solna, Swedia.

Klaassen sendiri naik ke tim utama Ajax pada 2012 di usia 19 tahun. Hebatnya meski berusia muda, gelandang berpaspor Belanda berhasil merebut status pemain inti Ajax yang saat itu diasuh Frank De Boer.

Selain memiliki skill oke, gelandang berambut pirang itu cukup menonjol di ruang ganti. Alhasil di awal musim 2015-2016, Klaassen ditunjuk sebagai kapten tim dan bertahan hingga sekarang.

Semenjak Klaassen menjadi kapten, Die Amsterdammers –julukan Ajax– tak pernah meraih trofi. Karena itu, laga melawan Manchester Merah jadi momentum tepat baginya untuk meraih trofi pertama dalam statusnya sebagai kapten tim.

Apalagi, juara Liga Eropa berhadiah lolos otomatis ke Fase Grup Liga Champions 2017-2018. Di Liga Belanda 2016-2017, Ajax hanya finis di posisi dua dan mereka harus tampil di babak Kualifikasi III dan playoff jika ingin tampil di Fase Grup Liga Champions 2017-2018. Karena itu, kemenangan wajib diraih Ajax di laga nanti.

“Di awal menjadi kapten jelas sangat sulit, mengingat usia saya saat itu masih muda. Namun seiring berjalannya waktu, segalanya berjalan lebih mudah dan menyisakan banyak kebahagiaan,” kata Klaassen mengutip dari laman resmi UEFA, Rabu (24/5/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *