Hasil Pertandingan Euro Cup Swiss 1 – 1 Polandia 25 Juni 2016

Posted on

Hasil Pertandingan Euro Cup Swiss 1 – 1 Polandia 25 Juni 2016, Lewat upaya panjang hingga ke babak adu penalti, Polandia akhirnya memastikan diri mentas di babak perempat-final Euro 2016

Kegagalan Granit Xhaka mengeksekusi penalti dalam penalty shoot-out memuluskan Polandia untuk mentas di babak perempat-final Euro 2016, sekaligus memaksa Swiss pulang lebih dini.

Pada pertandingan di Stade Geoffroy Guichard, Sabtu (25/6) malam WIB, Polandia unggul lebih dulu setelah Jakub Blaszczkowski memperdayai kiper Yann Sommer di menit ke-39. Swiss yang bekerja tanpa kenal lelah sempat menunda pesta kemenangan Polandia, hanya delapan menit sebelum waktu normal usai, gara-gara Xherdan Shaqiri menyamakan kedudukan.

Namun hingga perpanjangan waktu 2×15 menit, skor 1-1 tetap bertahan dan Swiss tak mampu menghentikan laju Polandia dalam adu penalti. Sepakan Granit Xhaka melenceng ke samping gawang, saat dirinya menjadi eksekutor kedua dari Swiss, sementara kelima penendang Polandia menjalankan tugasnya dengan baik sehingga mereka berhak melaju ke putaran kedua fase gugur.

Pertandingan diawali kegagalan Polandia memaksimalkan sebuah peluang emas di menit kedua. Lini belakang Swiss kocar-kacir menyusul serangan cepat lawan dan memaksa Sommer keluar dari gawangnya. Sayang striker Polandia gagal menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong dari jarak 20 yard.

Swiss mulai keluar menyerang dengan Shaqiri menyisir lewat sisi sebelum memberikan umpan menyilang ke kotak penalti yang disambut Dzemaili. Namun kedudukan tidak berubah karena upaya Dzemaili belum membuahkan hasil.

Setelah tercipta jual beli serangan di awal, pertandingan justru kian kendur memasuki pertengahan babak pertama. Kedua tim tampak terlalu berhati-hati dalam melancarkan serangan.

Polandia seharusnya memecah kebuntuan andai sundulan Krychowiak tidak melambung di atas mistar, setelah menerima umpan dari Grosicki.

Skor baru berubah di menit ke-39 dengan Polandia mencetak gol lebih dulu. Grosicki sukses menembus pertahanan Swiss dan melepaskan umpan matang ke kotak penalti yang diambut Blaszczkowski dengan sempurna.

Memasuki babak kedua, setidaknya ada tiga penyelamatan gemilang dilakukan kedua penjaga gawang, yang menjadi penanda tingginya tempo permainan.

Diawali penyelamatan brilian dari Sommer saat menggagalkan peluang Grosicki dari dalam area penalti. Tak lama kemudian, giliran save dari Fabianski yang bikin fans Swiss gigit jari. Mantan kiper Arsenal ini membendung sepakan Shaqiri. Setelanya, Somer kembali dipaksa jatuh bangun mengamankan gawang.

Blaszczykowski nyaris menggandakan golnya di laga ini dengan usaha yang sama ia lakukan di pertandingan berikutnya melawan Ukraina, tapi kali ini kiper bergerak cepat untuk mencegah gawang kebobolan.

Setelah keseruan serangan dari masing-masing tim, tempo pertandingan mulai melambat, apalagi mengingat sejumlah kartu kuning yang dikeluarkan wasit.

Penyelamatan fantastis baru tercipta lagi di menit ke-74. Adalah Fabianski yang mesti jatuh bangun menyelamatkan gawang setelah Rodriguez melepaskan tembakan melengkung ke pojok atas gawang.

Delapan menit jelang laga usai di waktu normal, suporter Swiss bersorak menyambut gol Shaqiri. Swiss melancarkan serangan dari sayap kiri, kemudian Eren Derdiyok mengirim umpan yang dikonversi oleh penyerang Internazionale tersebut. Laga pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu karena skor imbang 1-1 bertahan sampai laga wasit meniup peluit panjang.

Pertandingan berjalan sengit di babak kedua perpanjangan waktu. Fabianski untuk sementara menjadi pahlawan timnya setelah mementahkan dua peluang emas Derdiyok, sehingga laga dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan.

Polandia akhirnya melenggang ke babak perempat-final setelah Granit Xhaka, eksekutor kedua dari Swiss, gagal melakukkan Fabianski dalam duel satu lawan satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *