Hasil Pertandingan Euro Inggris 1 – 2 Islandia 28 Juni 2016

Posted on

Hasil Pertandingan Euro Inggris 1 – 2 Islandia 28 Juni 2016, Inggris terpaksa angkat koper dari Euro 2016 setelah takluk 2-1 dari perlawanan kuda hitam Islandia di Nice.

Islandia menyajikan kejutan di Nice dengan menyingkirikan Inggris dari babak 16 besar Euro 2016, Selasa (28/6) dini hari WIB. Wayne Rooney boleh saja mencetak gol cepat, tapi Ragnar Sigurdsson dan Kolbeinn Sigthorsson membalas untuk mengunci kemenangan 2-1.

Tampil dengan tiga trisula lincah, The Three Lions langsung menghujani pertahanan Islandia dengan ancaman. Daniel Sturridge mengancam dengan dribel, sementara Raheem Sterling sibuk mencari ruang. Deretan peluang pun tercipta, tetapi sepakan beruntun dari Harry Kane dan Sturridge mampu diblokir oleh pertahanan Islandia.

Gempuran itu akhirnya membuahkan hasil pula, Sterling dilanggar oleh Hannes Thór Halldórsson di kotak penalti dan wasit menunjuk titik putih. Wayne Rooney ditunjuk menjadi algojo. Dengan dingin, sang kapten langsung mengirim bola ke sudut gawang Halldorsson. Inggris unggul cepat di menit keempat babak 16 besar.

Siapa sangka, keunggulan tersebut tidak bertahan lama. Dua menit berselang, Islandia berhasil menyamakan kedudukan. Lemparan ke dalam dari sektor kanan ternyata berhasil menjangkau kotak penalti dan langsung disundul oleh Kari Arnason. Bola berbelok ke depan gawang, lalu Ragnar Sigurdsson menyarangkannya ke jala Inggris.

Kemalangan Inggris ternyata belum usai. Sepuluh menit kemudian, Islandia berhasil memukul balik gempuran Inggris. Negara asal Sigur Ros itu melakukan serangan cepat yang dipimpin oleh Gylfi Sigurdsson, lalu bola diberikan pada Jón Dadi Bödvarsson. Ternyata sang penyerang tidak menembak, tapi meneruskannya lagi pada Kolbeinn Sigthorsson yang menggelindingkan bola ke sudut gawang Hart.

Ketinggalan satu gol, Inggris meningkatkan tempo permainan. Sterling, Sturridge, dan Kane semakin liar berkeliaran di kotak penalti. Namun naluri predator mereka tidak cukup untuk menemukan celah di pertahanan Islandia yang kompak. Keunggulan Islandia pun bertahan hingga jeda turun minum.

Roy Hodgson menyuntikkan kreativitas di lini tengah dengan menarik keluar Eric Dier, memasukkan Jack Wilshere. Inggris kembali memegang kendali permainan dan menghasilkan ancaman yang membuat bek-bek Islandia cukup sibuk.

Namun kesempatan emas lahir dari kreasi Islandia. Menyusul sepak pojok, Sigurdsson melakukan tembakan salto di mulut gawang Inggris. Sayang, bola mengarah tepat ke hadapan Hart dan langsung dibuang keluar kotak penalti. Islandia melanjutkan gaya main yang diam-diam menghanyutkan.

Menit ke-60, Hodgson akhirnya menarik keluar Sterling yang tidak produktif. Jamie Vardy dimainkan dan ditempatkan sedikit melebar di sayap. Terlihat ada angin segar dalam permainan Inggris, tapi tetap saja pertahanan Islandia terlampau kompak.

Aaron Gunnarsson kembali menunjukkan betapa mematikannya Islandia lewat serangan balik. Menyusul umpan jauh dari belakang, Gunnarsson berlari ke kotak penalti dan memperdaya Wilshere. Beruntung, sepakannya masih mampu ditepis oleh Hart.

Hodgson mencoba peruntungannya di menit akhir dengan memainkan Marcus Rashford, Rooney ditarik keluar. Tidak banyak terjadi perubahan, pertahanan Islandia kompak dan rapat, membuat Vardy dkk frustrasi. Inggris pun angkat koper dari Euro 2016 setelah kalah 2-1 di pengujung laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *