Hasil Pertandingan Euro Prancis 2 – 1 Irlandia Utara 26 Juni 2016

Posted on

Hasil Pertandingan Euro Prancis 2 – 1 Irlandia Utara 26 Juni 2016, Prancis yang sempat tersentak di menit awal pada akhirnya memastikan tempatnya di babak delapan besar sebagaimana Antoine Griezmann tampil sebagai pahlawan kemenangan.

Prancis memastikan kelolosan ke babak delapan besar Euro 2016 setelah membalikkan keadaan untuk mengalahkan Republik Irlandia 2-1 dalam pertarungan sengit babak 16 besar yang berlangsung di Parc Olympique Lyonnais, Minggu (26/6) malam WIB.

Irlandia mengawali pertandingan dengan lebih baik, dan tak butuh waktu lama bagi mereka untuk menghasilkan sesuatu. Di menit pertama, penyerang Shane Long mendapati dirinya dilanggar Paul Pogba di dalam kotak terlarang dan alhasil wasit pun menunjuk titik putih. Robbie Brady yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan ia menggetarkan gawang Hugo Lloris tepat di menit kedua, meski tendangannya sempat mengenai mistar.

Prancis kemudian mencoba membalas. Penyerang Olivier Giroud hampir saja menyamakan kedudukan andai sundulannya tak melebar. Tim tuan rumah juga memiliki kesempatan lain melalui tendangan bebas Dimitri Payet, namun sayang upaya playmaker West Ham United itu di menit ketujuh belum mampu memperdaya rekan setimnya di level klub Darren Randolph.

Tim Ayam Jantan yang tak mau malu di depan pendukungnya sendiri terus melakukan gempuran dengan intens. Banyak peluang untuk menghasilkan gol mereka ciptakan, di antaranya lewat kaki Pogba dan Antoine Griezmann, namun tak satu pun yang berbuah hasil.

Di sisi lain, Irlandia yang tampil sebagai underdog lebih banyak bertahan dengan sesekali melakukan serangan balik. Mereka tak jarang membuat barisan pertahanan Les Bleus keteteran melalui kombinasi Brady dan Long di lini depan. Meski begitu, tak ada gol tambahan yang berhasil mereka ciptakan sebagaimana hal serupa berlaku untuk Prancis hingga wasit Nicola Rizzoli memerintahkan kedua kubu untuk memasuki ruang ganti.

Saat jeda, pelatih Prancis Didier Deschamps memutuskan untuk menarik keluar N’Golo Kante yang tak banyak berkontribusi dengan Kingsley Coman guna meningkatkan tekanan. Dan sudah bisa diprediksi, gempuran mereka semakin menjadi dengan peluang lainnya dimiliki Laurent Koscielny untuk menyamakan skor, tapi sundulan bek Arsenal itu meneruskan umpan kepala Pogba masih melenceng tipis dari gawang.

Prancis yang lebih banyak menyerang melalui sektor sayap pada akhirnya mencetak gol yang dinanti-nanti. Di menit ke-57, umpan silang Bacary Sagna dari sektor kanan ditanduk sempurna oleh Griezmann untuk menggetarkan jala Randolph, dan empat menit berselang pemain milik Atletico Madrid itu membuat timnya balik memimpin, lagi-lagi berkat assist Sagna, dengan sontekannya menyusur mulus ke pojok tanpa mampu dicegah kiper lawan.

Di babak kedua Griezmann menjelma menjadi ancaman berarti bagi pertahanan Irlandia. Ia bahkan memaksa Shane Duffy melakukan pelanggaran tepat di luar kotak penalti yang membuat wasit mencabut kartu merah di menit ke-66, mengingat bintang Prancis itu berkesempatan mencetak gol dan tinggal berhadapan langsung dengan kiper. Kesempatan tendangan bebas yang kemudian diperoleh lantas diambil oleh Griezmann sendiri, tapi sepakannya justru mengenai badan Giroud dan melebar.

Bermain dengan keunggulan satu pemain membuat Prancis leluasa dalam mengendalikan bola. Di sisa menit yang ada kesempatan lain juga mereka hasilkan, banyak di antaranya lewat pemain pengganti Andre-Pierre Gignac, namun skor tetap bertahan dan itu cukup untuk meloloskan tuan rumah ke babak delapan besar untuk menantang pemenang antara Inggris dan Islandia, yang baru akan bertanding pada Selasa (28/6) dini hari WIB di Nice.

Susunan Pemain:

Prancis: Lloris; Sagna, Rami, Koscielny, Evra; Matuidi, Kante (Coman 46’) (Sissoko 93′), Pogba; Griezmann, Giroud (Gignac 74’), Payet.

Republik Irlandia: Randolph; Coleman, Duffy, Keogh, Ward; McCarthy (Hoolahan 72’), Hendrick, Brady; Long, Murphy (Walters 65’), McClean (O’Shea 69’).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *