Head to Head Indonesia vs Filipina: ‘Skuat Garuda’ Unggul Mutlak

Posted on

Bigtvspot – Indoneasia unggul telak dalam rekor head to head dengan Filipina. Tapi duel terakhir yang dilangsungkan dua tahun lalu, Skuat Garuda menelan kekalahan memalukan.

Dua tahun lalu Indonesia dan Filipina saling berhadapan di laga kedua fase grup Piala AFF. Bermain di Hanoi, ketika itu, Indonesia takluk dengan skor 0-4. Hasil laga tersebut ikut berpengaruh besar dalam kegagalan Indonesia lolos ke fase knock out.

Head to Head Indonesia vs Filipina: ‘Skuat Garuda’ Unggul Mutlak

Selasa (22/11/2016) malam nanti pukul 19:00 WIB, Indonesia dan Filipina kembali berhadapan. Alfred Riedl dalam konferensi pers jelang laga sudah menekankan kalau apa yang terjadi di 2014 tidak akan terulang kali ini. Setelah kalah 2-4 atas Thailand di pertandingan pertama, Indonesia wajib menang di duel ini demi menjaga kans lolos tetap terbuka.

Meski pada pertemuan terakhir kalah telak, Indonesia masih unggul jauh atas Filipina dalam rekor head to head. FIFA mencatat kalau kedua negara sudah berhadapan 23 kali di semua kompetisi.

Dari jumlah pertandingan itu, Indonesia meraih 19 kemenangan. Sementara Filipina cuma dapat dua kemenangan, sementara dua pertandingan lainnya tuntas tanpa pemenang.

Ketimpangan juga terjadi dalam jumlah gol yang berhasil dibuat. Total ‘Skuat Garuda’ berhasil melesakkan 86 gol, sementara Filipina cuma menghasilkan 17 gol.

Di beberapa pertemuan, Filipina malah sering jadi bulan-bulanan Indonesia. Kemenangan-kemenangan terbesar Indonesia atas Filipina di antaranya adalah di Piala AFF 2002 (13-1), Piala Presiden 1972 (12-0), Piala Merdeka 1962 (9-0).

Meski begitu, dalam lima pertemuan terakhir Filipina berhasil menyulitkan Indonesia. Di kurun tersebut Indonesia cuma meraih tiga kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah. Kemenangan yang didapat Indonesia pun diraih dengan skor ketat (1-0, 1-0, dan 2-0).

Filipina saat ini juga unggul di rangking FIFA, mereka bertengger di posisi 124. Sementara Indonesia masih terlempar di urutan 179.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *