highlight Chelsea Vs Porto 10 desember 2015

Posted on

highlight Chelsea Vs Porto 10 desember 2015 Chelsea sukses membukukan kemenangan 2-0 atas Porto dalam laga pamungkas fase grup Liga Champions di Stamford Bridge, Kamis (10/12) dini hari WIB. Hasil ini membuat mereka lolos ke babak gugur dengan status pemuncak klasemen Grup G, sementara Porto harus tersingkir dan hijrah ke Liga Europa.

Babak Pertama:

Kekalahan harus dihindari apabila Porto ingin memastikan langkah mereka menuju fase gugur Liga Champions. Situasi itu membuat mereka langsung mendominasi permainan dan melancarkan sejumlah serangan ke pertahanan Chelsea terutama lewat pergerakan lincah Yacine Brahimi dalam sepuluh menit pertama permainan.

Sebuah kelengahan barisan belakang Porto harus dibayar mahal ketika sebuah serangan sederhana Chelsea membuat Diego Costa bebas, sepakannya sempat dimentahkan Iker Casillas namun bola pantulan membentur Ivan Marcano dan melesat ke gawang yang sempat dihalau Maicon namun wasit memutuskan bola sudah melewati garis di menit ke-12.

Insiden kecil terjadi di menit ke-20, di mana Costa melakukan pelanggaran para Casillas yang sudah sepenuhnya menguasai bola, kartu kuning diterima bomber The Blues. Permainan semakin terbuka selepas itu dan delapan menit berselang tuan rumah memiliki kans untuk menggandakan keunggulan andai sepakan Oscar tidak tipis menyamping di kanan.

Pertahanan solid pasukan Jose Mourinho membuat Porto cukup sulit untuk menembus dan mengembangkan serangan mereka terlebih dalam sepertiga akhir permainan. Satu menit sebelum turun minum, Casillas melakukan penyelamatan krusial dengan menggagalkan sepakan mendatar Costa.

Babak Kedua:

Chelsea langsung memberikan gebrakan pada pertahanan Porto selepas jeda pertandingan. Menit ke-52, tuan rumah mengemas gol kedua mereka berkat sepakan keras Willian yang meneruskan sodoran Eden Hazard, bola melesat kencang ke pojok kiri bawah tanpa mampu diantisipasi Casillas.

Tertinggal dua gol tak membuat semangat Porto berkurang, mereka tetap berusaha untuk memperkecil skor. Peluang untuk membobol gawang Thibaut Courtois datang di menit ke-64, hanya saja tembakan kaki kanan yang sedikit melengkung dari Brahimi membentur tubuh Branislav Ivanovic dan membuat bola keluar lapangan.

Kelihaian Casillas kembali menggagalkan upaya Chelsea untuk menambah keunggulan di menit ke-72, ketika sepakan tumit Oscar dari jarak dekat berhasil ditangkapnya. Masuknya Ruben Neves sedikit memberikan angin segar bagi lini tengah Porto, namun hal itu tidak diimbangi dengan efektivitas performa lini depan.

Memasuki sepuluh menit akhir permainan, Chelsea punya dua kesempatan hanya saja upaya yang dilancarkan Costa maupun Hazard dipatahkan Casillas. Porto yang menekan lewat Jesus Corona maupun Vincent Aboubakar tak optimal dan hingga laga berakhir keunggulan 2-0 milik Chelsea bertahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *