Highlight Valencia vs Barcelona 6 Desember 2015

Posted on

Highlight Valencia vs Barcelona 6 Desember 2015 Barcelona gagal meraih poin penuh melawan Valencia di Mestalla, Minggu (6/12) dini hari WIB. Luis Suarez sebenarnya mampu membawa Blaugrana unggul duluan, tetapi Santi Mina menjadi penyelamat Los Che dan mengamankan satu poin untuk tuan rumah.

Hasil ini tidak mengubah posisi Barcelona yang ada di puncak klasemen La Liga, tetapi Valencia sukses merangkak naik ke peringkat tujuh.

Babak Pertama

Barcelona langsung mengambil alih kemudi pertandingan sejak peluit dibunyikan. Sergio Busquets, Andres Iniesta, dan Ivan Rakitic berhasil menguasai lapangan tengah Mestalla. Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez mengoyak pertahanan Valencia sedikit demi sedikit.

Adapun Valencia tampil begitu disiplin dan sabar ketika bertahan. Los Che sukses menutup ruang tembak Barcelona dengan melakukan pressing ketat setiap kali Barcelona masuk ke area pertahanan mereka. Serangan balik tuan rumah juga cukup membahayakan Claudio Bravo.

Di menit 26, Barcelona mendapatkan peluang emas setelah Neymar berhasil memperdaya bek Valencia. Lewat sudut sempit, bintang Brasil itu melakukan dribel dan menusuk ke kotak penalti. Bukannya menembak, ia malah memberikan bola pada Messi. Sayang, sepakan kaki kanan Messi mengarah tepat ke pelukan Jaume Domenech.

Peluang itu seperti membuka keran ancaman Barcelona. Lewat menit 30, Blaugrana terus memberikan tekanan. Suarez bahkan mendapat dua peluang lewat umpan akurat Neymar dan Jordi Alba. Sayang, sepakan sang bintang Uruguay masih melebar, sementara satunya mampu diblok oleh Santos.

Barcelona terus menekan hingga menit akhir babak pertama, tetap kedisiplinan Valencia memaksa mereka untuk bungkam dan bermain imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Valencia masih mempertahankan kedisiplinannya di paruh kedua. Mereka membiarkan Barcelona terus menyerang, tetapi tidak untuk membiarkan Messi dkk menembus area pertahanan mereka. Beberapa ancaman Suarez dan Neymar bahkan dimentahkan oleh Aymen Abdennour dan Santos sebelum sampai ke hadapan Jaume.

Sepandai-pandainya tupai melompat, sepandai-pandainya Valencia bertahan, akhirnya kebobolan juga di menit 59. Rapatnya pertahanan Valencia berhasil dihantam lewat serangan cepat Barcelona. Lionel Messi melambungkan umpan terobosan kepada Suarez. Berbau offside memang, tetapi sang penyerang sukses membawa bola masuk kotak penalti, lalu menaklukkan Jaume dengan tendangan kaki kanan.

Keunggulan satu gol tersebut sudah jelas belum membuat Barcelona puas, tetapi Valencia juga tidak menurunkan kerapatan pertahanan mereka. Los Che hanya menambahkan tekanan di lini tengah tanpa mengurangi disiplin bertahan. Blaugrana pun tak kunjung menambah gol, sementara Valencia mendapat satu peluang emas, tapi gagal dimanfaatkan oleh De Paul.

Adapun lima menit jelang bubaran, Valencia berhasil menyamakan kedudukan lewat serangan balik. Zakaria Bakkali memberikan umpan jauh pada Paco Alcacer, lalu sang penyerang mengontrol bola, memperdaya duet Javier Mascherano – Gerard Pique, dan memberikan bola pada Santi Mina. Penyerang muda Spanyol itu dengan cerdas melepaskan tembakan keras ke tiang dekat guna menyamakan kedudukan.

Barcelona coba menggempur di menit-menit akhir pertandingan, mencoba mengunci kemenangan mereka sekali lagi. Namun pertahanan rapat Valencia gagal mereka tembus. Kedua kubu harus puas dengan membawa pulang satu poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *