Indra Sjafri Ungkap Alasan Timnas U-19 Bersikap 'Angkuh'

Posted on

Timnas Indonesia U-19 (Foto: Laman resmi PSSI)

BANDUNG – Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-19 selama ini cukup sering melakukan uji coba dengan tim-tim yang lebih tinggi tingkatannya, baik dari segi kualitas maupun umur. Tidak hanya tim dalam negeri, Timnas U-19 juga sering berujicoba dan sempat mengikuti turnamen berkelas internasional.

Pelatih Indra Sjafri bahkan menyebut hal itu dengan istilah angkuh. Sebab, Timnas U-19 seolah menutup pintu uji coba bagi tim yang secara kualitas berada di bawah, apalagi tim dengan pemain yang umurnya berada di bawah.

“Kita banyak ditanya oleh teman-teman media dan masyarakat melalui media sosial, kenapa Timnas U-19 sekarang lebih agak angkuh,” ucap Indra di Hotel Hilton, Kota Bandung, Kamis (13/7/2017).

Ia lalu membeberkan alasannya. Menurutnya, Timnas U-19 membutuhkan pengalaman bertanding dari tim yang secara kualitas dan usia berada di atas.

Hal itu dipandang akan membuat mental bertanding dan kematangan pemain semakin terbentuk. Sebab, hal itu akan jadi modal bagi Timnas U-19 untuk mengarungi kompetisi atau turnamen level internasional.

Indra mengakui mendapat banyak pelajaran dari Timnas U-19 sebelumnya yang pernah ditangani. Saat itu, Timnas U-19 begitu digdaya saat menghadapi lawan. Tidak sekalipun tim asuhannya menelan kekalahan.

Tapi, lawan-lawan yang dihadapi semuanya memiliki level dan pemainnya berada dibawah pemain Timnas U-19. Hasilnya, ketika menghadapi tim yang kualitasnya di atas, Timnas U-19 cukup keropos.

Hal itu yang kemudian ingin dihindarinya. Ia ingin Timnas U-19 kali ini benar-benar tangguh. Ketangguhan itu yang kemudian ingin ia dapatkan dari uji coba dan turnamen dengan lawan berkualitas.

Indra bahkan berharap timnya mendapat kesulitan oleh lawan. Sehingga, secara perlahan timnya akan terbiasa dengan tekanan hebat lawan. Dengan cara seperti itu, kreativitas dan kemampuan tempur Timnas U-19 akan semakin teruji.

“Pengalaman dulu, Timnas U-19 uji coba di dalam negeri dengan level di dalam negeri dan U-21, kita tidak pernah kalah sekalipun,” ucapnya.

“Tapi begitu masuk ke ajang yang sebenarnya, karena begitu nyamannya, karena tidak ada kesulitan pressure-pressure yang kami dapat dari pertandingan (uji coba) saat itu, di pertandingan sebenarnya kami kesulitan. Makanya saya bilang lebih baik sulit sekarang (dalam uji coba),” jelas Indra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *