Ini Fokus Timnas U-19 Usai Uji Coba Lawan Espanyol

Posted on

BANDUNG – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 baru saja melakoni laga persahabatan kontra Tim B RCD Espanyol dengan kekalahan 2-4. Apa yang akan dilakukan selanjutnya?

Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri mengatakan mulai 15 Juli 2017 dirinya akan memulai periodasi masa persiapan jelang Piala AFF U-19 2017.

Agar lebih fokus, ia akan memagari para pemainnya agar tidak pergi kemana-mana selain pemusatan latihan. Pemain yang sudah memiliki klub pun tidak diperbolehkan kembali ke klubnya.

Alasannya, ia ingin kebersamaan di dalam tim tetap terjaga. Sehingga kekompakkan mereka dan program latihan bisa berjalan sesuai rencana.

Ia mencontohkan saat mengizinkan Rifad ke Madura United dan Nurhidayat ke PSM Makassar, pemain yang bersangkutan butuh waktu satu hingga dua minggu agar bisa kembali padu dengan pemain lain.

“Per tanggal 15 (Juli) dalam periodisasi persiapan enam mingguan kita, enggak boleh lagi ada pemain Liga 1 yang kembali ke klub. Kita akan konsen untuk persiapan menuju Piala AFF,” kata Indra di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (14/7/2017).

Ia juga akan segera menentukan siapa saja pemain yang masuk dalam komposisi pemain utamanya. Ia tidak akan memanggil pemain baru. Tapi, ia akan mencoret para pemain yang tidak sesuai harapan.

“Kita akan perbaiki, latihan terus, beri jam terbang terus. Nanti per tanggal 15 (Juli) kita akan mulai camp lagi di Cijantung,” jelasnya.

Disinggung apakah akan kembali melakukan uji coba, Indra mengakui sulit mencari lawan. Tapi, ia berharap ada uji coba yang bisa digelar demi menambah jam terbang pemain dan mengasah kemampuan tim.

Jadwal laga pun sedang diatur. Ia sendiri sebenarnya ingin berujicoba dengan tim Liga 1. Tapi karena Liga 1 sedang bergulir, maka lawan yang akan dipilih kemungkinan berasal dari Liga 2.

“Ini kita sedang merancang dengan Persebaya Surabaya dan PSS Sleman,” ucap Indra.

Dari uji coba itu, ia berharap mendapat tekanan hebat dari lawan. Tidak hanya itu, ia juga menginginkan tekanan untuk pemainnya dari suporter yang hadir di lokasi pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *