Jelang Final Liga Eropa, Rekor Pertemuan Ajax dan Manchester United Berimbang

Posted on

Alderweireld usai bobol gawang Man United. (Foto: REUTERS)

AJAX Amsterdam akan bertemu Manchester United di final Liga Eropa 2016-2017 yang berlangsung di Stadion Friends Arena, Solna, Swedia, Kamis 25 Mei 2017 dini hari WIB. Ternyata, laga nanti bukanlah yang pertama mempertemukan mereka di Liga Eropa.

Sepanjang sejarah, keduanya sudah bertemu sebanyak empat kali. Hasilnya ternyata berimbang dengan masing-masing tim mengemas dua menang dan kalah.

Meski memiliki rekor berimbang, Man United sedikit lebih unggul. Hal itu karena Man United selalu mampu menyingkirkan Die Amsterdammers –julukan Ajax– ketika bersua di fase gugur Liga Eropa.

Pertemuan perdana Ajax dan Man United tercipta di babak pertama Piala UEFA 1976-1997 (cikal bakal Liga Eropa). Di leg I yang berlangsung di Amsterdam ArenA, Ajax secara luar biasa mengalahkan Man United 1-0 lewat gol Ruud Krol.

Namun, Man United gantian mengalahkan Ajax pada leg II yang dilangsungkan di Stadion Old Trafford. Saat itu The Red Devils –julukan Man United– menang 2-0 lewat gol dari Lou Macari dan Sammy Mcllroy. Berkat kemenangan itu, Man United pun berhak melaju ke babak kedua Piala UEFA 1976-1977.

Selanjutnya, kedua tim kembali bersua di babak 32 besar Liga Eropa 2011-2012. Pada leg I yang berlangsung di kandang Ajax, Manchester Merah menang 2-0. Masing-masing gol Setan Merah dicetak Ashley Young dan Javier “Chicharito” Hernandez.

Pada leg I yang dilangsungkan di Old Trafford, Ajax sebenarnya menang 2-1. Saat itu gol Ajax dicetak Aras Ozbiliz dan Toby Alderweireld. Sementara gol tunggal Man United dikemas Chicharito. Namun karena unggul agregat, Man United lolos ke 16 besar. Karena itu, sejarah di masa lampau yang berlangsung sengit diprediksi kembali terjadi pada dini hari nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *