Juventus Tundukkan Empoli 2-0

Posted on
Juventus Tundukkan Empoli 2-0 Foto: Getty Images/Valerio Pennicino

Turin – Juventus melanjutkan rekor kemenangan kandang mereka di ajang Serie A. Bianconeri masih perkasa di rumah sendiri setelah menundukkan Empoli dengan skor 2-0.

Menjamu Empoli di Juventus Stadium, Minggu (26/2/2017) dinihari WIB, Juventus melakukan rotasi. Pemain-main yang tak jadi starter pada laga melawan Porto, seperti Neto, Dani Alves, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Claudio Marchisio, dan Stefano Sturaro, kali ini main sejak menit pertama.

Kendati tampil sangat mendominasi, Juventus membuang sejumlah peluang bagus pada babak pertama. Alhasil, hingga turun minum, skor kacamata belum berubah.

Kebuntuan baru terpecahkan pada menit ke-52 setelah kiper Empoli, Lukasz Skorupski, membuat gol bunuh diri. Alex Sandro akhirnya memantapkan kemenangan tim tuan rumah lewat golnya pada menit ke-65.

Bagi Juventus, hasil ini memperpanjang rentetan kemenangan kandang mereka di Serie A menjadi 30 kemenangan. Mereka tak pernah kehilangan poin di Turin sejak ditahan imbang Frosinone 1-1 pada September 2015 silam.

Juventus kini memuncaki klasemen Serie A dengan 66 poin dari 26 pertandingan. Mereka unggul sepuluh poin atas AS Roma yang menjadi pesaing terdekat. Roma sendiri baru akan bertanding pada Senin (27/2/2017) dinihari WIB dengan bertandang ke markas Inter Milan. Adapun Empoli menempati posisi ke-17 dengan 22 poin.

Jalannya Pertandingan

Juventus mendapatkan peluang pada menit kelima. Sundulan Mario Mandzukic jatuh ke kaki Gonzalo Higuain yang berdiri di mulut gawang. Tapi, sontekan Higuain masih terlalu lemah dan mudah diamankan oleh Skorupski.

Berselang lima menit, sepakan Juan Cuadrado dari dalam kotak penalti berubah arah menuju Mandzukic. Mandzukic berusaha membelokkan bola ke gawang, tapi masih melenceng.

Empoli bukannya tak punya peluang. Sebuah serangan balik pada menit ke-23 terlihat menjanjikan, tapi penyelesaian akhir Omar El Kaddouri buruk dan jauh melebar dari gawang Juventus.

Peluang Juventus lainnya lewat Mandzukic juga tak berujung gol. Sundulan striker asal Kroasia itu meneruskan umpan silang Dani Alves masih melebar.

Empat menit kemudian, Mandzukic menyia-nyiakan sebuah kesempatan emas. Dia sebenarnya tinggal berhadapan dengan Skorupski setelah menerima umpan matang dari Higuain. Tapi, dia terlalu lama menembak dan akhirnya lebih dulu dikerubungi bek-bek lawan.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, kombinasi dua penyerang Juventus kembali mengancam gawang Empoli. Umpan sundulan Mandzukic disambar Higuain, tapi tembakan Higuain terlalu pelan.

Di kubu Empoli, Jose Mauri berpeluang mencetak gol lewat tembakan jarak jauhnya pada menit ke-50. Namun, Neto berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola.

Gol yang ditunggu-tunggu Juventus akhirnya datang pada menit ke-52. Mandzukic menanduk bola hasil umpan Cuadrado, tapi si kulit bundar menghantam bagian bawah mistar gawang. Bola kemudian mengenai badan Skorupski dan melewati garis gawang. Teknologi garis gawang menunjukkan gol telah tercipta.

Juventus Tundukkan Empoli 2-0Foto: Getty Images/Valerio Pennicino

Keunggulan Juve bertambah menjadi 2-0 pada menit ke-65. Alex Sandro yang dibayang-bayangi oleh Vincent Laurini di kotak penalti masih bisa melepaskan tembakan kaki kiri ke pojok bawah gawang.

Juventus Tundukkan Empoli 2-0Foto: Getty Images/Valerio Pennicino

Pada menit-menit akhir, Paulo Dybala yang tampil sebagai pemain pengganti punya kans untuk memperbesar kemenangan Juve. Tapi, tembakan melengkungnya masih melenceng tipis.

Susunan Pemain
Juventus: Neto; Dani Alves, Bonucci, Rugani, Alex Sandro; Marchisio (Rincon 78), Pjanic; Cuadrado (Pjaca 85), Mandzukic, Sturaro (Dybala 74); Higuain

Empoli: Skorupski; Laurini (Veseli 70), Bellusci, Costa, Pasqual; Krunic, Diousse, Jose Mauri (Buchel 77); El Kaddouri; Pucciarelli, Marilungo (Thiam 70)

(mfi/nds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *