Kalah Tipis, Timnas Indonesia U-16 Takluk dari Thailand di Piala AFF U-15 2017

Posted on

CHONBURI – Laga Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 gagal mengamankan poin saat bertemu Thailand di laga kedua Grup A Piala AFF U-15 2017, Selasa (11/7/2017). Brylian Aldama dan kawan-kawan menelan kekalahan dengan skor 0-1. Gol satu-satunya Thailand itu dicetak oleh Suphanat Muenta pada menit 73.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pada babak pertama, Thailand mencoba untuk mengambil inisiatif serangan di menit-menit awal. Peluang sempat didapat ketika pada menit ke-6, Thailand mengancam gawang Ahludz Dzikri Fikri. Memulai bola dari sisi sayap kiri, beruntung umpan yang dilesakkan ke kotak penalti gawang tak mendapat respons dari pemain Thailand lainnya.

Peluang emas kembali didapat Thailand pada menit ke-8. Melihat ruang terbuka di luar kotak penalti, pemain bernomor punggung 14 Thailand yakni Punnuwat, berhasil melesakkan tendangan keras ke gawang  Timnas Indonesia. Namun, Fikri sukses menepis tendangan tersebut dengan baik.

Indonesia mendapat peluang di menit 15, kali ini David Maulana melepaskan tendangan jarak jauh ke gawang Thailand. Sedikit terpeleset, kiper Thailand mampu mengamankan bola tersebut.

Pada menit 22, kali ini Indonesia mendapat peluang. Andre Oktaviansyah memperoleh peluang emas untuk mencetak gol, sayang pengawalan ketat membuat pergerakannya kurang bebas untuk melesakkan tendangan.

Pada menit 25, Indonesia kembali mendapatkan peluang, kali ini dari luar kotak penalti. David Maulana kembali mengancam gawang Thailand dengan tendangan kerasnya. Sayang, bola tersebut hanya melesat tipis di atas mistar.

Thailand kembali mencoba untuk menyerang. Peluang pun didapat pada menit 30. Kali ini Jirame sukses mengancam gawang Indonesia setelah meneruskan umpan silang dari sayap kanan. Beruntung, bola tersebut dapat ditepis oleh Ahludz Dzikri.

Tekanan pun terus dilancarkan oleh Thailand. Pada menit 33, ancaman kembali didapat Indonesia lewat aksi Jirame yang memanfaatkan bola muntah. Beruntung, bolanya masih melenceng.  

Pada menit terakhir, tensi permainan Indonesia meningkat. Pada menit ke-38, Indonesia mendapat peluang setelah bola terlepas dari tangan kiper. Namun, seakan panik, para pemain Merah Putih tak mampu memanfaatkan peluang tersebut, hingga akhirnya keluar dari kotak penalti.

Peluit babak pertama pun dibunyikan pada menit ke-40. Skor pun tak ada perubahan, tetap 0-0.

Babak Kedua

Pada awal babak kedua, Thailand tetap aktif melakukan serangan ke arah pertahanan Indonesia. Beruntung, beberapa kali bola berhasil dimentahkan para pemain bek Indonesia untuk mencegah terjadinya gol.

Pertengahan babak kedua, Indonesia dan Thailand bermain imbang dengan sama-sama menekan pertahanan lawan masing-masing. Namun, pada menit 54, Thailand mencoba menjebol gawang Indonesia melalui tendangan jarak jauh Punnuwat. Beruntung, tendangan tersebut ditangkap dengan baik oleh Ahludz Dzikri.

Peluang emas pun didapat Indonesia untuk membuka keunggulan. Amiruddin Bagus yang dimasukkan pada babak kedua langsung mengancam gawang Thailand. Sayang, tendangan keras jarak jauhnya hanya menepis tiang gawang dan gagal mengoyak gawang Thailand.

Aksi berbahaya dilakukan Thailand pada menit 56, Suphanat yang mengancam sisi kiri Indonesia berhasil memberikan umpan ke kotak penalti. Bola tersebut disambut oleh pemain lain Thailand yang membentur Reza Fauzan karena gawang Indonesia sudah lepas dari penjagaan Fikri.

Meski terancam, Indonesia pada pertengahan babak kedua ini selalu menekan Thailand. Pemain Indonesia beberapa kali mengancam pertahanan Thailand untuk membuka keunggulan pertama.

Pada menit 63, Indonesia mendapat harapan lewat serangan balik. Amiruddin Bagus yang berdiri sendiri berhasil melepaskan tendangan ke arah kiper Thailand. Sayang, bola tersebut berhasil ditahan dengan baik oleh kiper Thailand.

Pada menit 65, Thailand berhasil menjebol gawang Indonesia. Namun, gol tersebut dianulir karena posisi pemain Thailand dinyatakan offside.

Pada 10 menit terakhir, si kembar Amiruddin Bagas dan Bagus mengancam gawang Thailand. Kerja sama keduanya berhasil menembus kotak penalti Thailand, sebelum ditahan kiper Thailand.

Gol pembuka akhirnya lahir, tapi untuk tim Gajah Putih. Angka perdana Thailand dicetak lewat aksi Suphanat Muenta di menit 73. Melewati para pemain Indonesia di kotak penalti dan melihat celah tipis, Suphanat sukses menjebol gawang Indonesia melalui sepakan kerasnya. Indonesia tertinggal 0-1.

Mencoba untuk menyamakan kedudukan, tapi peluang tak pernah ada yang tembus ke gawang Thailand. Peluit babak kedua dibunyikan, skor tak berubah untuk kemenangan Thailand 0-1.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-16:

Timnas Indonesia U-16: Ahludz Dzikri Fikri; Muhammad Yudha Febrian, M Reza Fauzan, Ahmad Rusadi, Miftakhul Septa; Fadillah Nur Rahman, Brylian Aldama (C), David Maulana; Andre Oktaviansyah, Rendy Juliansyah, Miftahul Husyen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *