Kalahkan PSM 2-1, Persib Sukses Jaga Aura Sakral GBLA

Posted on

Persib Bandung (Foto: Antara)

BANDUNG – Persib Bandung sukses menjaga aura sakral Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (5/7/2017) malam WIB. Persib berhasil menang atas PSM Makassar dengan skor akhir 2-1 sekaligus menjaga tren tak pernah kalah di GBLA selama bermain di Liga 1 2017.

Dua gol Persib diciptakan Matsunaga Shohei pada babak pertama dan Atep pada babak kedua. Sedangkan PSM memperkecil skor melalui tendangan Willem Jan Pluim.

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Di menit-menit awal, Persib mengambil inisiatif serangan. Dua umpan silang sukses dikirim ke kotak penalti oleh Matsunaga Shohei dan Atep. Tapi tidak ada pemain Persib yang mampu mengonversi umpan itu menjadi gol.

Menit ketiga, serangan cepat PSM dipotong hadangan Vladimir Vujovic. Beruntung bagi Persib, bola hasil sapuan Vladimir Vujovic melebar tipis dari gawang.

Peluang emas berikutnya lahir dari tandukan Michael Essien pada menit 24 setelah menerima umpan silang dari Supardi Nasir. Dewi Fortuna belum berpihak, bola melebar tipis ke kanan gawang.

Menit 26, keributan terjadi antara Zulkifli Syukur dan Michael Essien. Hal itu terjadi saat akan terjadi eksekusi tendangan bebas.

Essien dan Zulkifli sama-sama ‘memainkan’ bola. Keduanya kemudian sempat besritegang dan terjadi aksi saling dorong. Beruntung keributan bisa dicegah oleh wasit dan pemain kedua tim.

GOOOLLLLL! Persib akhirnya unggul 1-0 pada menit 38 melalui Matsunaga Shohei. Itu jadi gol perdana Matsunaga bersama Persib di Liga 1 2017.

Gol itu lahir berkat umpan silang Supardi Nasir. Essien yang berada di kotak penalti gagal menendang bola. Bola liar kemudian disambar Matsunaga. Sekali kontrol, ia kemudian melepas sepakan yang tak mampu dijangkau kiper Syaiful.

Sementara hingga akhir laga, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 tetap bertahan.

Babak kedua

Setelah masa jeda, Persib tetap mendominasi permainan. Sementara PSM yang berada dalam tekanan sesekali melakukan serangan balik.

Peluang emas pertama di babak kedua dimiliki Tantan pada menit 53. Menggiring bola dari sektor kanan pertahanan PSM, Tantan menggiring bola ke kotak penalti. Ia lalu melepas sepakan keras. Sial, bola melenceng tipis dari sasaran.

GOOLLL! Atep menggandakan keunggulan Persib pada menit 55. Menggiring bola dari sektor kanan pertahanan PSM, Atep menerobos kotak penalti dan melepas sepakan keras dengan kaki kiri yang tak mampu dijangkau kiper Syaiful. 2-0 Persib unggul atas PSM.

Merespon ketertinggalan tim, pelatih Robert Rene Alberts menarik M Rahmat pada menit 58. Posisinya kemudian digantikan Ghozali Siregar.

Menit 63, Tantan berhasil menerobos pertahanan PSM dan melepas sepakan di kotak penalti. Bola ditepis kiper Syaiful. Bola liar kemudian disambar Matsunaga Shohei yang melepas sepakan keras. Kali ini, bola membentur pemain belakang PSM dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

PSM nyaris mencetak gol pada menit 70 setelah Atep salah memberikan umpan. Bola disambar Arfan dengan sepakan mendatar. Beruntung bagi Persib, bola bergerak pelan sehingga mudah ditangkap kiper I Made Wirawan.

GOOLLL! PSM memperkecil kedudukan melalui Willem Jan Pluim pada menit 72. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau kiper I Made Wirawan. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Persib.

Hingga akhir laga, pertarungan berjalan semakin sengit. Persib terus melancarkan serangan. Sebaliknya, PSM mampu meladeni permainan Persib dengan permainan cepat dan taktis.

Tapi, hingga akhir laga, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan Persib menutup laga.

Dalam laga itu, enam kartu kuning dikeluarkan wasit. Empat untuk pemain Persib masing-masing Vladimir Vujovic, Tony Sucipto, Tantan, dan Atep. Sedangkan dua lagi untuk pemain PSM masing-masing Steven Paulle dan Zulkifli Syukur.

 

Susunan pemain:

Persib: I Made Wirawan (GK), Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Supardi Nasir, Tony Sucipto, Dedi Kusnandar, Kim Kurniawan, Michael Essien (89′ Hariono), Atep (C) (75′ Raphael Maitimo), Matsunaga Shohei, Tantan

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSM: Syaiful (GK), Fathul Rachman (87′ Ardan Aras), Hamka Hamzah (C), Steven Paulle, Zulkifli Syukur, Arfan, Marc Anthony Klok, Willem Jan Pluim, Ferdinand Sinaga (73′ Rizky Pellu), M Rahmat (58′ Ghozali Siregar), Reinaldo da Costa

Pelatih: Robert Rene Alberts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *