Kandidat untuk Posisi Sekjen PSSI Kini Akan Jalani Psikotes

Posted on
Kandidat untuk Posisi Sekjen PSSI Kini Akan Jalani Psikotes Logo di kantor PSSI (Foto: Amalia Dwi Septi)

Jakarta – Pendaftaran calon Sekjen PSSI telah ditutup. Berikutnya sebanyak 30 kandidat rencananya akan mulai menjalani sejumlah tes, diawali dengan psikotes.

Kursi Sekjen PSSI hingga saat ini masih diduduki oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Joko Driyono, yang juga menjabat sebagai wakil ketua umum, setelah Ade Wellington mengundurkan diri dari jabatannya beberapa waktu lalu.

PSSI pun membuka pendaftaran secara terbuka. Salah satu syaratnya adalah orang yang mengerti sepakbola dan menguasi dua bahasa, Inggris dan satu bahasa pendukung lainnya.

Kini, PSSI sudah mendapatkan 30 nama calon. Di antaranya nama-nama yang sudah tidak asing lagi di sepakbola, yaitu Eddy Sofyan (Ketua Umum BASRI), Ratu Tisha Destria (pendiri Labbola dan saat ini menjabat chief of league PT Liga Indonesia Baru), dan Hendri Zainuddin (mantan manajer tim Sriwijaya FC).

Mereka nantinya akan dipanggil untuk menjalani tes psikotes lebih dulu di Kantor PSSI, Senin (22/5/2017). Materi psikotes tersebut akan diberikan langsung oleh Dinas Psikologi Angkatan Darat.

Nama-nama calon yang lolos tes psikologis nantinya akan menjalani tes kesehatan keesokan harinya, Selasa (23/5). Lalu tes bakal berlanjut dengan uji kompetensi dengan dua uji materi.

Yang pertama adalah simulasi Leaderless Group Discussion yang materinya juga akan disampaikan oleh Dinas Psikologi Angkatan Darat. Sedangkan materi kedua, uji kompetensi teknis dengan cara interview oleh jajaran Komite Eksekutif PSSI.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi berharap siapa pun yang terpilih bisa turut membantu memajukan sepakbola Indonesia.

“Kenapa kami membuka ini? Untuk menyampaikan kepada publik bahwa posisi sekjen PSSI bukan hanya hak prerogatif saya sebagai ketua umum PSSI. Saya ingin memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pihak yang berkompeten untuk mengisi posisi ini dan memajukan sepakbola Indonesia bersama-sama,” ujar Edy Rahmayadi.

“Apa kriteria seorang sekjen PSSI? Pertama tentu ia harus memiliki pengalaman dan pemahaman yang mendalam tentang dunia sepakbola. Kedua, ia harus memiliki leadership dan kemampuan manajerial yang cakap. Ketiga, berwawasan internasional karena sekjen harus membina hubungan yang baik dengan AFC dan FIFA,” katanya.

(ads/krs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *