Keputusan Wasit Banyak yang Kontroversial, Pelatih Timnas Indonesia U-16 Sudah Maklum

Posted on

CHONBURI – Sosok wasit jelas tidak bisa dilepaskan dalam sebuah pertandingan. Pasalnya, wasit adalah seorang yang memegang kendali pertandingan dan seorang pengadil yang setiap keputusannya sangat berpengaruh terhadap jalannya pertandingan.

Kendati begitu, kadang kala keputusan wasit sering menuai kontroversi lantaran dinilai tidak sesuai atau pun kurang tepat. Begitu pun yang terjadi dalam pertandingan antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 kontra Thailand dalam lanjutan babak penyisihan fase grup Piala AFF U-15 2017.

Pertandingan tersebut dipimpin oleh seorang wasit asal Vietnam, Hoang Ngoc Ha. Namun sayang, beberapa keputusan yang dibuatnya selama pertandingan membuat para penonton geram dan kubu Garuda Asia geram, lantaran keputusannya yang dinilai berat sebelah.

Salah satu kejadian yang paling menguras hati adalah ketika salah seorang pemain Indonesia mendapat sikutan dari lawan. Bukannya memberi peringatan, Hoang Ngoc Ha malah membiarkan begitu saja pemain Thailand tersebut.

Menanggapi hal itu pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, merasa sudah biasa dengan keputusan wasit yang terkadang mengandung kontroversi. Baginya, yang terpenting adalah fokus menyiapkan tim. Sedangkan soal keputusan wasit, pelatih kelahiran Lhokseumawe itu tak mau turut campur.

“Mengenai wasit itu biarlah penonton saja yang menilai. Tapi saya melihat memang ada beberapa keputusan yang kurang tetap saat pemain Indonesia dilanggar. Inilah sepakbola, wasit sudah ada yang mengurusnya. Kalau saya itu tugasnya harus lebih fokus untuk mempersiapkan tim guna menghadapi pertandingan berikutnya,” beber Fakhri, menyadur dari laman resmi PSSI, Rabu (12/7/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *