MU Juara Liga Europa 2016/2017

Posted on
MU Juara Liga Europa 2016/2017 Dua pencetak gol Mancester United ke gawang Ajax Amsterdam, Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan. (Foto: Anders Wiklund/TT NEWS AGENCY/via REUTERS)

Stockholm – Manchester United menjuarai Liga Europa 2016/2017. The Red Devils mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor akhir 2-0.

Di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Kamis (25/5/2017) dini hari WIB, dilakukan mengheningkan cipta terlebih dulu sebelum laga dimulai untuk menghormati korban ledakan di Manchester beberapa hari lalu.

MU kalah penguasaan bola dalam laga ini, situs resmi turnamen mencatat ball possession mereka ada di angka 33 persen.

Penentu kemenangan MU adalah Paul Pogba dengan golnya di babak pertama dan Henrikh Mkhitaryan dengan golnya di awal babak kedua.

Dengan kemenangan ini, MU meraih trofi ketiga di musim ini sekaligus mengamankan tiket ke Liga Champions untuk musim depan.

Jalannya Pertandingan

MU langsung menggebrak di menit pertama. Kesalahan koordinasi antara pemain belakang Ajax dengan kiper Andre Onana, membuat Pogba mendapatkan kans. Sial untuknya, tendangan kaki kanan pemain asal Prancis itu masih melebar.

Marouane Fellaini melewatkan peluang di menit 10. Pogba mengirim bola untuk Juan Mata dengan tumit, lalu dikirim ke tengah kotak penalti Ajax. Fellaini gagal menyundul bola masuk ke gawang.

Ajax mendapat peluang pertama lewat Bertrand Traore. Tembakannya dari dalam kotak penalti pada menit 15 bisa diantisipasi oleh kiper MU, Sergio Romero.

MU membuka keunggulan pada menit 18. Pogba yang mencetak gol itu. Berawal dari bola sodoran Mata dari sayap kanan, Fellaini memberi umpan pada Pogba. Tendangan pemain 24 tahun itu sedikit berubah arah karena mengenai sela kaki Davinson Sanchez, hingga menipu Onana.

Antonio Valencia mengancam di menit 24. Tendangan kerasnya dari sisi kanan kotak penalti Ajax masih bisa diblok Onana.

MU terus ditekan oleh Ajax selepas unggul. Penguasaan bola tim besutan Peter Bosz itu mencapai 66 persen hingga menit 37.

Traore terus menjadi ancaman untuk MU. Salah satunya di menit 44. Dia melakukan kerjasama satu-dua dengan rekannya, hingga bisa membongkar pertahanan MU. Sial untuk Traore, Matteo Darmian masih sigap menutup ruang tembak. Tak lama kemudian memasuki waktu jeda, MU unggul 1-0 saat turun minum.

Babak kedua berjalan tiga menit, MU menggandakan keunggulan. Mkhitaryan yang menjadi pencetak golnya.

Berawal dari satu tendangan sudut, Chris Smalling melepaskan sundulan. Bolanya diteruskan oleh pemain asal Armenia itu dengan tendangan membelakangi gawang.

Usai menambah keunggulan, MU kembali terus ditekan oleh Ajax. Penguasaan bola pemain-pemain muda Amsterdam mencapai 68 persen hingga menit ke-60.

Fellaini gagal memanfaatkan peluang lagi di menit 65. Umpan matang Pogba disundul tepat ke pelukan Onana.

Ajax mendapat peluang lewat tendangan bebas di menit 70. Sebabnya, Mkhitaryan melakukan handball di muka kotak penalti MU. Hakim Ziyech yang menjadi eksekutor gagal mengirim bola melewati pagar betis.

Sebuah keributan terjadi di menit 78. Berawal dari tekel Mata ke Matthijs de Ligt, beberapa pemain MU dan Ajax bersitegang. Mata diganjar kartu kuning karena pelanggaran itu.

Ajax yang kesulitan untuk menembus pertahanan MU, melepaskan tembakan dari jarak jauh. Salah satu yang belum optimal dilakukan Sanchez pada menit 83.

Ajax membahayakan gawang MU di menit 87. Tendangan dari Donny van de Beek dari dalam kotak penalti bisa ditangkap Romero.

Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan, MU menang 2-0.

Susunan Pemain

Ajax: Onana; Veltman, Sánchez, de Ligt, Riedewald (De Jong 82); Klaassen, Schöne (De Beek 70), Ziyech; Traore, Dolberg (Neres 62), Younes

MU: Romero, Valencia, Smalling, Blind, Darmian, Herrera, Fellaini, Pogba, Mata (Rooney 88), Mkhitaryan (Lingard 74), Rashford
(cas/rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *