Nomor Punggung Pesepakbola yang Dipensiunkan

Posted on

UNTUK seorang pemain sepakbola, kehadiran nomor punggung tentu tak bisa dipisahkan. Tidak cukup sampai di situ, bahkan ada beberapa klub yang mempensiunkan nomor punggung tertentu untuk menghargai jasa-jasa yang telah diberikan para bintangnya.

Diego Armando Maradona adalah nama yang paling santer terdengar bila membicarakan hal itu. Kiprahnya bersama I Partenopei –julukan Napoli- selama tujuh tahun membuat tim asal kota Naples itu mempensiunkan nomor punggung 10 untuk menghargai jasa-jasa Si Tangan Tuhan. Sumbangsih terbesar Maradona adalah membawa Napoli menjuarai Liga Italia pada musim 1986-1987 dan 1989-1990.

Nomor lainnya yang juga dipensiunkan adalah nomor 4 milik Inter Milan. Sebelumnya nomor itu dipakai oleh Javier Zanetti. Ia telah membela tim kota mode itu selama 19 tahun, yakni sejak 1995 hingga 2014.

Serentetan gelar juara telah direngkuhnya bersama Inter. Namun, yang paling membekas adalah ketika ia berhasil membawa Inter meraih treble winners pada musim 2009-2010.

Tim kota mode lainnya, AC Milan juga mempensiunkan dua nomor punggung yang dimilikinya, yakni nomor 6 dan 3. Nomor 6 dipensiunkan untuk menghormati Franco Baresi yang telah mengabdikan sepanjang karir hidupnya hanya untuk Milan.

Sedangkan nomor 3 di Milan sedikit mendapat perlakuan berbeda. Nomor 3 hanya boleh dipakai oleh keturunan Maldini. Awalnya nomor itu dipakai oleh Cesare Maldini pada medio 1954 hingga 1966.

Kemudian nomor itu diwariskan kepada sang anak, Paolo Maldini, yang berkiprah dari 1985 hingga 2009. Keduanya telah memberikan sumbangsih besar dan menjadi legenda Milan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *