OKEZONE STORY: Tampil Impresif, 2 Penalti Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia U-20 2005

Posted on

Messi saat bobol gawang Nigeria. (Foto: AFP/John Thys)

“Saya sangat senang atas penghargaan ini. Sejujurnya saya sangat terkejut dengan apa yang terjadi dengan saya di sini,” kata Messi mengutip dari buku dari The Inside Story of The Boy Who Became a Legend karangan Luca Caioli.

Setelah menerima penghargaan tersebut, Messi pun bersiap tampil membela Tim Nasional (Timnas) Argentina U-20 di final Piala Dunia U-20. Di partai final, Albiceleste –julukan Argentina– ditantang Nigeria. Tim asuhan Siasia Samson itu memang tidak ada pemain menonjol, namun kolektivitas benar-benar terjalin di dalam skuad.

Alhasil di babak-babak sebelumnya, Nigeria sanggup menahan Brasil dan sukses menundukkan tuan rumah Belanda di perempatfinal. Kolektivitas yang ditunjukkan Nigeria sempat menyulitkan Argentina racikan Francisco Pancho Ferraro.

Akan tetapi, aksi individual Messi pada menit 38 sukses mengacak-acak pertahanan lawan. Ia mengontrol bola dan berlari zigzag sejauh 41 meter sebelum dijatuhkan Dele Adeleye di kotak terlarang. Argentina mendapat penalti dan Messi yang ditunjuk sebagai algojo berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Nigeria bangkit. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Nigeria menyamakan kedudukan lewat Chinedu Ogbuke. Namun, Argentina yang dikapteni Pablo Zabaleta tidak menyerah. Selang 21 menit, Argentina kembali dihadiahi penalti oleh wasit Terja Hauge.

Hal itu setelah Sergio Aguero dijatuhkan pemain Nigeria, Monday James, di kotak terlarang. Messi lagi-lagi yang menjadi algojo sukses mengarahkan bola ke arah kanan gawang dan gol! Messi mengubah skor 2-1 dan hasil tersebut bertahan hingga akhir laga.

Argentina meraih gelar juara kelima sepanjang sejarah. Sementara itu, Messi dinobatkan sebagai top skor turnamen dan keluar sebagai pemain terbaik.

Bersambung…..

TAG : inside story pesepakbola dunia OKEZONE STORY Lionel Messi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *