PREVIEW Copa America 2015: Argentina – Paraguay

Posted on

Bigtvsport.com – Sudah bukan rahasia jika Argentina amat berhasrat memenangi Copa America. Bagaiman tidak, Tim Tango sudah absen memenangi gelar tersebut sejak 1993 silam. Hal itu bagai bertolak belakang dengan deretan bakat sepakbola, yang tak hentinya mereka lahirkan. Dalam prosesnya, Albiceleste sempat masuk final pada pagelaran 1997 dan 2007, namun kandas.

Unggulan utama Copa America 2015, Argentina, bakal melakoni ujian pertamanya menghadapi Paraguay, pada matchday perdana Grup B, Sabtu (13/6) pagi WIB.

Kini dengan statusnya sebagai runner-up Piala Dunia 2014, Argentina jadi unggulan pertama untuk jadi kampiun di edisi 2015. Paraguay yang jadi ujian perdana wajib dilewati dengan meyakinkan, untuk menegaskan predikat sekaligus mempertebal mental.

Permainan menyerang atraktif, jelas bakal kembali diandalkan Gerardo “Tata” Martino, untuk membombardir pertahanan Paraguay. Tusukan dari kedua sisi lapangan akan efektif, karena sang lawan begitu lemah di sisi tersebut. Hal itu dibuktikan dalam enam gol yang bersarang di jala La Albirroja di lima partai terakhir, yang terjadi akibat umpan silang lambung maupun datar.

Sang kapten, Lionel Messi, tentu jadi motor utama skema tersebut, menilik situasinya yang sedang on fire selepas meraih treble winners bersama Barcelona. Sosoknya juga bisa mengangkat performa duetnya sebagai winger, Angel Di Maria, yang tengah terpuruk bersama Manchester United.

PREVIEW Copa America 2015: Argentina - Paraguay
PREVIEW Copa America 2015: Argentina – Paraguay

Sementara Paraguay tengah memasuki masa terkelam dalam sejarah sepakbolanya. Untuk kali pertama dalam dua dekade terakhir, mereka tak lagi diperhitungkan sebagai salah satu kekuatan sepakbola Amerika Latin. Anggapan itu setidaknya tampak jelas setelah Roque Santa Cruz cs tak lolos ke Piala Dunia 2014, yang jadi kegagalan pertama mereka dalam lima edisi terakhir.

Pembinaan dan persebaran bakat-bakat muda Paraguay yang tak berjalan mulus seperti sebelumnya, jadi salah satu penyebab. Nama-nama penggawa anyar timnas saat ini nyaris tak ada yang dikenal. Kita tak lagi melihat sosok-sosok mentereng layaknya Jose Luis Chilavert, Salvador Cabanas, hingga Oscar Cardozo seperti dahulu.

Penggawa tim asuhan Ramon Diaz yang dikenal publik saat ini, mungkin hanya ada di nama-nama lawas seperti sang kapten, Santa Cruz, Lucas Barrios, dan Nelson Valdes. Selebihnya, mayoritas dari mereka adalah para pemain asal klub lokal, yang gagal menembus sepakbola Eropa.

“Peluang Paraguay untuk memenangi Copa America 2015, jadi semakin mustahil. Pada bursa taruhan dunia, posisi mereka sebagai unggulan hanya lebih baik dari Jamaika dan Bolivia. Mereka bahkan kalah dari tim-tim seperti Peru dan Venezuela.”

Kesempatan untuk memberi perlawanan ketat pada Argentina di laga perdana pun sulit dibayangkan, karena jurang kualitas yang amat lebar. Belum lagi rekor jeblok yang menghantui Los Guaraníes, dengan hanya memenagi 15 laga dari 103 pertemuan dengan sang lawan.

Karenanya jangan heran, jika akhirnya Argentina bisa melalui partai perdananya dengan mulus, lewat keunggulan telak.

 

BIG TV SPORT SUSUNAN PEMAIN
Romero
Zabaleta – Garay – Otamendi – Rojo
Pastore – Mascherano – Banega
Messi – Aguero – Di Maria
———————————————————————————————–
Santa Cruz
Valdes – Ortigoza – Victor – Ortiz – Benitez
Caceres – Aguillar – Silva – Samudio
Villar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *