Roma Kalah, Spalletti Mengaku Bertanggung Jawab

Posted on
Roma Kalah, Spalletti Mengaku Bertanggung Jawab Foto: Reuters / Alessandro Bianchi

Roma – AS Roma tampil buruk dan kalah 0-1 dari Villarreal meski tetap lolos ke babak 16 besar. Atas kekalahan itu, Luciano Spalletti mengaku salah dalam meracik taktik.

Menjamu Villarreal di leg kedua babak 32 besar Liga Europa di Stadion Olimpico, Jumat (24/2/2017) dinihari WIB, Roma melakukan sejumlah perubahan dalam susunan pemainnya.

Dari 11 pemain yang tampil di leg pertama, hanya lima pemain yang kembali dimainkan di leg kedua. Di barisan pertahanan, Spalletti mengistirahatkan Federico Fazio dan memasang Thomas Vermaelen.

Sementara itu di lini depan, Mohamed Salah dan Edin Dzeko juga cuma duduk di bangku cadangan. Francesco Totti dan Diego Perotti diturunkan sebagai starter bersama dengan Stephan El Shaarawy.

Sepanjang laga, Roma kesulitan keluar dari tekanan Villarreal. Kalah dalam penguasaan bola (43:57), Roma juga hanya melepaskan sembilan tembakan sepanjang laga. Di babak pertama Roma bahkan hanya melepaskan satu tembakan.

Sementara itu, Villarreal yang terus menekan tercatat melepaskan 14 tembakan, lima di antaranya mengarah ke gawang. Hanya performa impresif Alisson Becker di bawah mistar gawang Roma yang menggagalkan Villarreal untuk mencetak gol lebih banyak.

“Pendekatannya salah, sebagian karena pilihan saya, karena mereka yang bisa berlari lebih kencang justru tertekan di garis pertahanan, meninggalkan Daniele De Rossi, Leandro Paredes, dan Francesco Totti menekan di tengah. Kami tidak pernah mendapat bola,” ujar Spalletti seperti dikutip dari Football Italia.

“Saya ingin memainkan mereka yang tidak banyak dapat kesempatan bermain dan menciptakan beberapa masalah. Saya bertanggung jawab dan ketika Anda ada di pekerjaan ini, Anda harus bertanggung jawab.”

“Saya mencoba merotasi skuat dengan logika, tapi seharusnya kami tampil lebih baik di laga ini. Saya mencoba untuk membuat suporter senang dan itu tidak berhasil. Skuat masih punya kualitas, meski dengan perubahan,” lanjut Spalletti.

“Keputusan taktik saya dengan memasang tiga bek salah dan sepertinya makin salah seiring dengan berjalannya waktu. Sudah betul kalau saya bertanggung jawab, karena malam ini saya tidak cukup kompeten dalam pilihan saya,” ucapnya.

Meski kalah 0-1, Roma tetap lolos ke babak 16 besar dengan agregat 4-1.

(nds/mrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *