Roma Menang dan Kunci Posisi Dua di Laga Terakhir Totti

Posted on
Roma Menang dan Kunci Posisi Dua di Laga Terakhir Totti Foto: Getty Images Sport/Paolo Bruno

Roma – Ada atmosfer ganjil di kota Roma. AS Roma menutup musim menang 3-2 atas Genoa dan finis kedua, tapi ini juga menandai laga terakhir sang kapten, Francesco Totti.

Menjamu Genoa di Olimpico, Minggu (28/5/2017) malam WIB, Roma butuh kemenangan untuk menyegel posisi dua. Tapi Giallorossi justru mendapatkan pukulan telak usai kebobolan di menit ketiga oleh Pietro Pellegri.

Tapi Roma kemudian merespons di menit ke-10 melalui Edin Dzeko. Babak pertama berakhir sama kuat 1-1.

Roma berbalik unggul saat Daniele De Rossi mencetak gol di menit ke-74. Namun Genoa memberikan perlawanan dan mencetak balasan lima menit berselang, lewat Darko Lazovic.

Gol penentu kemenangan Roma baru tercipta di menit ke-90, lewat sepakan jarak dekat Diego Perotti. Olimpico pun bergemuruh hingga peluit berakhir.

Atmosfer Olimpico sudah memanas sejak menit ke-54, itulah saat Totti masuk ke lapangan menggantikan Mohamed Salah. Laga ini merupakan laga terakhir ‘Pangeran Roma’ itu bersama Roma, klub masa kecilnya dan satu-satunya tim profesional Totti.

Kemenangan atas Genoa sendiri memastikan Roma finis kedua dan lolos langsung ke fase grup Liga Champions musim depan. ‘Serigala Ibukota’ menuntaskan musim satu angka di depan Napoli.

Jalannya Pertandingan

Roma memulai dengan mencoba mengontrol permainan, tapi malah kebobolan. Baru tiga menit pertandingan berjalan saat Pietro Pellegri lolos dari perangkap offside dan menerima umpan Darko Lazovic. Pellegri kemudian menghadapi Wojciech Szczesny dan menaklukkannya dengan sepakan keras.

Roma tak butuh waktu terlalu lama untuk merespons. Umpan terobosan Kevin Strootman diterima Edin Dzeko di dalam kotak penalti dan diteruskan dengan sepakan.

Upayanya sempat membentur tiang, tapi kembali ke jangkauan Dzeko. Dia tak menyianyiakannya dan mencocor bola dengan dada, menyamakan skor untuk Roma.

Sebuah sepakan dari Dzeko di menit ke-19 masih mudah diamankan kiper Genoa Eugenio Lamanna. Tak lama berselang, Roma membuang kans bagus.

Stephan El Shaarawy menerima umpan terobosan dari Strootman dan meneruskannya dengan sepakan mendatar. Bola meluncur melewati kiper, tapi berakhir tipis saja ke kiri gawang.

Roma terus menekan. Sepakan El Shaarawy di menit ke-35 bisa diamankan kiper. Sementara upaya balasan dari Genoa melalui Lazovic melebar ke kiri.

Di menit ke-40, Dzeko mendapatkan kans bagus dari jarak dekat saat mencocor umpan silang Strootman. Tapi sepakannya tak sempurna sehingga cuma melebar.

Semenit kemudian dia menerima umpan dari Radja Nainggolan di depan kotak penalti dan melanjutkannya dengan sepakan. Masih terlalu mudah untuk ditangkap Lamanna.

Nainggolan mencoba melepaskan sepakan dari luar kotak penalti jelang babak pertama berakhir. Tapi cuma melambung jauh dari sasaran.

Tiga menit babak kedua, Dzeko mendapatkan kans menyambut umpan Mario Rui. Sepakannya melebar ke kanan gawang.

Genoa mengancam di menit ke-51 kala sepakan keras Nicola Ninkovic mengarah ke gawang. Szczesny masih mampu mengatasinya.

Roma masih mengontrol pertandingan, tapi Genoa beberapa kali yang mampu mengancam. Sepakan berikutnya dari Ninkovic melesat tipis saja ke kiri gawang.

Roma mendapatkan peluang bagus di menit ke-68. Umpan lambung Francesco Totti disambar sundulan El Shaarawy dan mengarah ke pojok kanan atas gawang. Lamanna susah payah menepisnya.

Roma mencetak gol dan memetik keunggulan di menit ke-74. Dzeko menusuk di sisi kanan dan memberikan umpan tarik yang disambut tendangan keras Daniele De Rossi.

Tapi keunggulan Roma tak bertahan lama. Lima menit berselang Genoa menyamakan kedudukan dengan tandukan Lazovic menyambut umpan silang Diego Laxalt.

Roma bahkan nyaris kebobolan tak lama berselang. Sepakan Lazovic membentur tiang gawang, tapi kemudian bisa diamankan pertahanan Roma.

Di menit ke-90, Roma mendapatkan gol kemenangan. Dzeko memantulkan bola lambung ke Perotti dan dituntaskan dengan sepakan voli dari jarak dekat. Itu menjadi gol terakhir di laga ini.

Susunan pemain:

Roma: Szczesny; Rudiger, Manolas, Fazio, Emerson (Rui 18′); De Rossi, Strootman; Salah (Totti 54′), Nainggolan, El Shaarawy (Perotti 69′); Dzeko

Genoa: Lamanna; Biraschi, Burdisso, Gentiletti; Lazovic, Veloso, Cofie, Hiljemark (Cataldi 56′), Laxalt; Palladino (Ninkovic 50′); Pellegri (Ntcham 69′)
(raw/nds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *