Roma Paksa Juventus Tunda Pesta Juara Liga Italia Musim Ini

Posted on

BigTVSport –  Roma Paksa Juventus Tunda Pesta Juara Liga Italia Musim Ini 

ROMA – Juventus yang di ambang gelar juara Liga Italia harus menunda pesta keberhasilan mereka. Saat hanya membutuhkan satu angka untuk mengunci gelar Scudetto keenam beruntun, Bianconeri –julukan Juventus– justru takluk 1-3 dari AS Roma pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Olimpico, Senin (15/5/2017).

Namun, sepertinya hanya butuh satu pekan bagi Juventus memastikan diri sebagai juara. Pasalnya, pekan depan Gonzalo Higuain dan kawan-kawan akan bertemu Crotone yang notabene merupakan penghuni zona merah.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Juventus yang mengincar kemenangan untuk mengunci gelar Scudetto musim ini langsung tancap gas. Pertandingan baru berusia tujuh menit, tim tamu nyaris membuka asa melalui Kwadwo Asamoah. Mendapat bola liar di depan kotak penalti Roma, Asamoah langsung melepaskan tembakan keras namun masih membentur mistar gawang.

Lagi, Juventus mengancam pertahanan tuan rumah di menit 15. Kali ini giliran Gonzalo Higuain yang mencoba peruntungannya. Melakukan umpan satu dua dengan Mario Mandzukic, Higuain yang mendapat ruang tembak memutuskan untuk mengeksekusi langsung. Sayang, tembakannya masih melebar.

Terus ditekan, Roma mencoba memberikan perlawanan dua menit berselang. Leonardo Paredes yang mengambil tendangan bebas mengirimkan bola ke jantung pertahanan tim tamu. Daniel de Rossi yang menyambut datangnya umpan gagal mengarahkan bola dengan baik.

Terus menekan, Juventus baru bisa membuka keunggulan di menit 21 melalui Mario Lemina. Umpan Stefano Sturaro berhasil dikejar Gonzalo Huguain. Meski beridi bebas, mantan pemain Real Madrid itu memutuskan untuk memberikan bola ke tengah yang langsung di sontek Lemina. Skor sementara 1-0.

Roma yang tertinggal lebih dulu langsung tersentak. Daniel de Rossi, sukses menyamakan kedudukan di menit 25. Berawal dari tendangan penjuru, bola yang ditanduk salah satu pemain Roma berhasil ditepis Gianluigi Buffon. Namun bola jatuh di kaki De Rossi yang langsung menyambarnya.

Setelah keadaan kembali imbang, kedua tim mulai menerapkan permainan terbuka. Saling jual beli serangan menghiasi 10 menit-menit akhir babak pertama. Namun sulitnya menembus pertahanan membuat Roma dan Juve mengandalkan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang berakhirnya babak pertama. Skor sementara masih 1-1.

Babak Kedua

Selepas jeda, AS Roma mencoba untuk mengambil inisiatif menyerang. Hsailnya, laga berjalan 10 menit, Stephan El Shaarawy sukses membalikkan keadaan menjadi 2-1. Tendangan mendatarnya dari dalam kotak penalti meluncur ke gawang Juventus.

Juventus mencoba membalas melalui skema tendangan penjuru. Dengan memanfaatkan tinggi badan, Mandzukic mencoba untuk meraih bola. Sayang, bola berhasil diamankan dengan baik oleh Rudiger.

AS Roma semakin nyaman setelah berbalik unggul di babak kedua. Bahkan Serigala Ibu Kota mampu menambah gol mereka di menit 65 melalui Radja Nainggolan. Mendapat umpan Mohamed Salah, Nainggolan yang berdiri bebas berhasil menaklukan Gianluigi Buffon dari jarak dekat.

Gol dari Nainggolan memaksa para pemain Juventus untuk keluar menekan guna mencetak gol. Namun di sisi lain, tuan rumah menumpuk seluruh pemainnya di wilayah sendiri sehingga serangan yang dilancarkan Bianconeri selalu berhasil dipatahkan.

Lima menit waktu tersisa. Tim tamu mendapat dua peluang beruntun. Umpan silang dari sisi kanan langsung disambut sepakan keras Higuain namun berhasil diblok. Bola liar jatuh ke kaki Lemina yang langsung menyambarnya namun masih mengenai bek Roma.

Juventus terus mencari cara untuk membongkar rapatnya barisan bertahan tuan rumah. Namun hingga wasit meniup peluit panjang, skor 3-1 untuk keunggulan Roma tidak berubah.

Susunan Pemain:

AS Roma: Szczesny; Rüdiger, Manolas, Fazio, Emerson; De Rossi, Paredes; Salah (Totti 90+3′), Nainggolan (Jesus 78’), El Shaarawy; Perotti (Grenier 70’).

Subs: Lobont, Alisson, Jesus, Vermaelen, Peres, Mario Rui, Grenier, Gerson, Frattesi, Totti, Tumminello

Juventus XI: Buffon; Lichtsteiner (Alves 64’), Benatia, Bonucci, Asamoah; Lemina, Pjanic, Sturaro (Dybala 69’); Cuadrado (Marchisio 77’), Higuain, Mandzukic.

Subs: Neto, Audero, Dani Alves, Barzagli, Chiellini, Alex Sandro, Marchisio, Rincon, Mattiello, Mandragora, Dybala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *