Score Sheet: Lima Alasan Real Madrid Layak Pertahankan Trofi Liga Champions

Posted on

JUARA Bertahan Liga Champions, Real Madrid, tentunya memiliki ambisi merebut trofi di Liga Eropa tertinggi itu yang kedua kalinya secara berturut-turut. Kesuksesan tersebut sebelumnya pernah dicapai Madrid yang menjuarai Liga Champions lima kali berturut-turut pada 60 tahun yang lalu.

Untuk menilai apakah Madrid pantas untuk mempertahankan gelar itu, berikut ada lima alasan mengapa Los Blancos –julukan Madrid– layak menyandang gelar Liga Champions kembali.

1. Sejarah Sukses Real Madrid di Liga Champions


Tidak ada klub yang memiliki sejarah lebih baik di Liga Champions selain Madrid. El Real adalah tim yang paling sukses dalam sejarah Liga Champions dengan meraih titel sebanyak 11 kali.

Di antara 11 kemenangan tersebut, lima kemenangan beruntun pernah diraih Madrid pada 1955-1960. Mereka juga memiliki sejarah di kompetisi Eropa yang lahir sebelum Liga Champions, yakni di kompetisi Piala Latin. Madrid berhasil memenangkan dua dari delapan edisi pada 1949 dan 1957.

Melihat kesuksesan tersebut, Madrid pun pantas untuk mempertahankan kembali trofi di Liga Champions musim ini. Los Blancos bahkan disebut sebagai klub sepakbola di Eropa yang paling sukses sepanjang sejarah.

2. Faktor Pelatih Zinedine Zidane


Hadirnya Zidane di kursi pelatih Madrid sempat mendapat kritikan publik, karena minimnya pengalaman pelatih asal Prancis itu dalam menangani tim besar. Namun ternyata, keputusan itu bisa dibilang salah satu langkah terbaik El Real dalam beberapa tahun terakhir.

Di bawah kepemimpinan sang legenda klub itu, Madrid mampu memiliki identitas permainan aslinya. Semua pemain bukan secara individu tapi bermain untuk satu sama lain dan memiliki semangat yang tinggi. Terbukti musim ini, Zidane mampu membawa Madrid berada di puncak klasemen sementara Liga Spanyol.

Selain itu, rekor tak terkalahkan yang luar biasa di awal musim, membuat Zidane terasa sangat pas untuk menangani tim yang berkandang di Stadion Bernabeu tersebut. Kehadiran Zidane di Los Blancos tentu menjadi faktor mengapa Madrid layak untuk mempertahankan gelar Liga Champions.

3. Skuad Hebat


Saat ini, Madrid memiliki skuad yang mumpuni untuk mempertahankan Liga Champions. Setiap posisi di Los Blancos dapat dipertanggungjawabkan dengan beberapa pemain yang sangat berbakat. Zidane bisa dibilang dapat mengatur semua pemain berbakat tersebut tampil di berbagai kompetisi tanpa mengorbankan satu sama lain.

Pemain seperti Kiko Casilla, Alvaro Morata, Fabio Coentrao, dan James Rodriguez yang biasanya betah di bangku cadangan, kini bisa tampil dalam kompetisi. Hal tersebut tentu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Madrid karena tinggal menentukan pemain mana yang mampu tampil terbaik di ajang Liga Champions.

4. Jadwal Domestik yang Lebih Sedikit


Tersingkirnya Madrid di Copa Del Rey sedikit memberi keuntungan bagi El Real di musim ini. Kekalahannya justru membuat jadwal Madrid di kompetisi domestik menjadi berkurang. Hal itu tentu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Los Blancos dengan melakukan latihan dan perencanaan yang lebih matang.

Sementara dua dari empat pemenang terakhir Liga Champions menghadapi situasi berbeda. Kedua tim itu yakni Bayern Munich dan Barcelona, yang tengah mengincar gelar trebel winner. Dua klub tersebut tentu akan memiliki jadwal yang padat termasuk untuk mempersiapkan diri menghadapi Liga Champions musim ini.

5. Skuad Berpengalaman


Skuad Madrid masih menggunakan pemain yang hampir sama saat memenangi Liga Champions 2015-2016. Otomatis, skuad El Real sudah memiliki hubungan kuat satu sama lain untuk menjadi tim yang solid di Liga Champions musim ini.

Para pemain yang ada pun telah berpengalaman memenangkan berbagai kompetisi. Sebut saja, Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Pepe, Luka Modric, dan Toni Kroos. Tentu hal itu dapat membantu Los Blancos menangani situasi kritis yang tiba-tiba bisa saja mendatangi klub kebanggaan kota Madrid itu di Liga Champions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *