Sepp Blatter telah bersedia meninggalkan posisi Presiden FIFA

Posted on

Bigtvsport.com – Sepp Blatter mengeluarkan keputusan mengejutkan. Pria asal Swiss itu tiba-tiba memutuskan akan meninggalkan jabatannya sebagai Presiden Asosiasi Sepakbola Dunia (FIFA). Pemilihan ulang akan dilakukan pada Kongres Luar Biasa, Desember 2015.

Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko, menilai langkah yang dilakukan Blatter tepat dan berani. Kepada kantor berita RIA Novosti, yang dilansir Reuters, Mutko mengatakan, langkah tersebut juga akan membantu mencegah perpecahan yang mungkin melanda otoritas sepakbola dunia tersebut.

“Bagi keluarga sepakbola, keputusan ini tidak diharapkan. Namun itu keputusnnya, keputusan berani, atas dasar cinta terhadap FIFA,” kata Mutko.

“Keputusan ini diambil di bawah tekanan yang diterima sebelum kongres. Di bawah tekanan seperti itu, pendekatan seperti itu, perubahan tidak akan terjadi.”

Blatter mundur hanya beberapa hari setelah terpilih lagi sebagai Presiden FIFA. Tiga hari sebelum terpilih, sejumlah pejabatnya ditangkap polisi Swiss atas permintaan Biro Penyelidik Federal Amerika Serikat, FBI. Sebagian dicokok dari sebuah hotel mewah di Swiss dua hari sebelum Kongres ke-65 FIFA berlangsung.

Rusia juga ikut gerah dengan penyelidikan ini. Pasalnya, bidding tuan rumah Piala Dunia 2018 ikut dikait-kaitkan di mana Rusia telah keluar sebagai pemenang.

Sebelumya, Presiden Rusia, Vladimir Putin, juga sempat menyindir Amerika Serikat atas penangkapan tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh FBI dan Departemen Kehakiman Amerika Serikat, di luar yuridiksi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *