Soccer Time: 5 Momen Luar Biasa dalam Sejarah Liverpool

Posted on

LIVERPOOL memang satu dari sejumlah klub yang memiliki reputasi besar asal Inggris. Selain dihuni sejumlah pemain besar, beberapa prestasi bergenggsi pun juga pernah ditorehkan oleh klub berjuluk The Reds tersebut.

Layaknya tim-tim besar lainnya, Liverpool memang memiliki perjalanan yang luar biasa untuk menjadi klub. Setidaknya ada lima momen luar biasa yang pernah terjadi dalam sejarah klub asal Merseyside tersebut.

Berikut lima momen luar biasa dalam sejarah Liverpool, seperti disadur Sportkeeda:

1. Kehadiran Bill Shankly sebagai manajer Liverpool

Jauh sebelum hadirnya Sir Alex Ferguson sebagai pelatih Manchester United, Liverpool sudah lebih dahulu merasakan tangan dingin manajer asal Skotlandia pada diri Bill Shankly. Sama halnya dengan Ferguson, Shankly mampu menyulap Liverpool menjadi sebuah tim penuh kesuksesan.

Hadir dalam situasi yang sangat buruk, perlahan tapi pasti, Shankly mampu mengangkat reputasi Liverpool menjadi kesebelasan yang ditakuti. Total Shankly mampu mengantarkan Liverpool meraih tiga gelar Liga Inggris, dua Piala FA, empat Community Shield, dan satu Liga Eropa.

2. Titel Liga Champions perdana bagi Liverpool

Pasca-mundurnya Bill Shankly, Bob Paisley ditunjuk sebagai manajer anyar Liverpool. Keputusan manajemen Liverpool pun terbukti jitu. Sebab sama halnya ketika dibesut Shanky, Paisley tetap menjadikan Liverpool sebagai tim elite.

Bahkan bersama Paisley-lah, Liverpool mampu meraih titel perdananya mereka di Liga Champions tepatnya di musim 1976-1977. Menghadapi juara Liga Jerman, Borussia Monchengladbach, Liverpool mampu memenangkan pertandingan dengan skor akhir 3-1.

3. Keajaiban Istanbul

Bagi para pendukung Liverpool, Final Liga Champions 2004-2005 adalah momen yang paling sulit untuk dilupakan. Bagaimana tidak pertandingan itu memang menjadi comeback paling bersejarah untuk Liverpool.

Sempat tertinggal tiga gol pada babak pertama, Liverpool mampu menyamakan kedudukan di babak kedua melalui aksi-aksi dari Steven Gerrard, Vladimir Smicer, dan Xabi Alonso. Kedudukan 3-3 pun bertahan hingga babak tos-tosan, di mana Jerzy Dudek mampu menjadi pahlawan Liverpool usai mengagalkan eksekusi penalti tiga penendang Milan.

4. Final Piala FA 1989

Final Piala FA 1989 menjadi salah momen paling bersejarah dalam sejarah Liverpool. Pasalnya pertandingan tersebut menjadi laga perdana Liverpool usai insiden Hillsborough yang menewaskan 96 pendukung mereka.

Menghadapi sang rival sekota, Everton, Liverpool memang sempat dibuat kesulitan oleh lawannya tersebut. Namun Liverpool mampu memenangkan laga dengan skor akhir 3-2, usai bermain imbang 1-1 di waktu normal.

5. Final Liga Champions 1984 kontra AS Roma

Kurang lengkap rasanya jika tidak memasukan laga final antara Liga Champions 1984 kontra AS Roma dalam momen paling bersejarah dalam sejarah Liverpool. Melakoni laga di Stadio Olimpico, Liverpool yang tak diunggulkan justru keluar sebagai pemenang.

Dalam laga tersebut, Liverpool memang unggul lebih dahulu atas Roma. Namun keunggulan tersebut hanya bertahan 20 menit sebelum Roberto Pruzzo menyamakan kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga babak tambahan usai. Yang mana pemenang pun ditentukan melalui babak adu penalti.

Pada babak ini Liverpool jauh lebih mujur dibandingkan sang tuan rumah. Di mana dari lima penendang dari kubu Liverpool, empat mampu menjalankan tugasnya dengam baik. Sementara Roma hanya mampu melesakan dua gol dari empat penendang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *