Soccer Time: 5 Rekor yang Berpotensi Pecah pada Bursa Transfer Musim Panas 2017

Posted on

SETIAP tim telah menunjukkan geliatnya pada bursa transfer musim panas 2017. Membidik para pemain incaran segera dilakukan oleh para tim guna menambah amunisi jelang musim baru bergulir.

Namun, ada lima catatan yang bisa pecah pada bursa transfer musim panas kali ini. Berikut lima rekor yang berpotensi dipecahkan pada bursa transfer musim panas kali ini seperti dikutip dari Sportskeeda, Rabu (5/7/2017).

1. Tim yang mampu memecahkan nilai transfer tertinggi

Rekor ini mungkin akan dipecahkan oleh salah satu tim Liga Inggris andai saja Real Madrid (yang memegang rekor sebelumnya) tak menghabiskan banyak uang untuk mendatangkan pemain bintangnya ke Santiago Bernabeu.

Dua klub asal kota Manchester, berhasil membuka geliat transfer klub Liga Inggris. Manchester City berhasil mendatangkan Bernardo Silva dan Ederson. Sementara Manchester United berhasil mendatangkan Victor Lindelof.

Lalu Liverpool yang juga berhasil mendatangkan Mohamed Salah dan baru-baru ini Arsenal yang telah berhasil mendatangkan Alexandre Lacazette serta sebelumnya Sead Kolasinac. Sementara Madrid berhasil memegang rekor dengan mampu menghabiskan uang terbanyak dalam pembelanjaan pemain dalam satu musim.

Saat itu pada 2009, Los Blancos – julukan Real Madrid— sukses mendatangkan empat pemain bintang sekaligus. Pertama Cristiano Ronaldo dari Manchester United (Rp1,3 triliun). Kedua, Kaka dari AC Milan dengan mahar Rp967 miliar. Selanjutnya Karim Benzema dari Olympique Lyon dan terakhir Xabi Alonso dari Liverpool dengan mahar Rp518 miliar. Jika di total, Madrid menghabiskan sekira Rp2,1triliun untuk belanja pemain dalam satu musim.

2. Memecahkan rekor bek termahal

Awalnya ada nama David Luiz yang berhasil mencatatkan namanya sebagai bek termahal setelah di diboyong dari Paris Saint-Germain (PSG) ke Chelsea dengan mahar 50 juta poundsterling atau sekira Rp863 miliar.

Lalu rekor bek termahal Luiz berhasil dipatahkan pada bursa transfer musim lalu saat Manchester City menggaet John Stones dengan mahar 47,5 juta pound atau sekira Rp820 miliar. Musim ini, agaknya rekor bek termahal bisa dipecahkan jika Leonardo Bonucci pindah dari Juventus.

Selain Bonucci, ada Virgil Van Dijk yang juga dikabarkan akan berhasil memecahkan nilai transfer bek termahal di dunia. Kabarnya bek asal Southampton itu tengah diincar oleh Liverpool. Kabarnya The Reds –julukan Liverpool– tengah menyiapkan dana sebesar 70 juta pound atau sekira Rp1,2 triliun untuk bisa memboyong pemain asal Belanda tersebut.

3. Memecahkan rekor pemain muda termahal

Pemain muda AS Monaco, Kylian Mbappe, agaknya akan menjadi pemain yang mempu memecahkan rekor nilai transfer termahal. Pemain berusia 18 tahun itu tengah menjadi incaran para klub-klub raksasa Eropa.

Bahkan kabar terbaru menegaskan bahwa Mbappe tengah diincar oleh PSG dengan nilai transfer sebesar 120 juta pound atau sekira Rp2 triliun. Sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Anthony Martial saat diboyong ke Manchester United.

Setan Merah memberikan mahar kepada AS Monaco sebesar 57,6 juta pound atau sekira Rp994 miliar.

4. Memecahkan rekor kiper termahal

Label kiper termahal dunia saat ini masih dipegang oleh Gianluigi Buffon yang diboyong oleh Juventus dari Parma dengan 56 juta euro atau sekira Rp78 miliar pada 2001. Sempat ada yang pernah mendekati yakni Ederson saat dipinang oleh Benfica dengan nilai 40 juta euro atau sekira Rp60,5 miliar.

Namun agaknya rekor kiper termahal yang dimiliki oleh Button akan segera dipatahkan jika David De Gea jadi menerima pinangan Real Madrid. Kiper andalan Man United itu ditawar oleh Madrid dengan nilai 60 juta pound atau sekira Rp90,7 miliar.

5. Memecahkan rekor pemain Afrika termahal

Liverpool agak menjadi tim yang memang tertarik dengan kelincahan para pemain Benua Hitam –julukan Benua Afrika. Pada bursa transfer musim panas 2016, Mane menjadi pemain Afrika termahal dengan 34 juta poundsterling (Rp587 miliar) yang diboyong dari Southampton.

Pada bursa transfer panas musim ini, The Reds –julukan Liverpool– berhasil memecahkan rekornya sendiri saat mendatangkan Mohamed Salah dari AS Roma dengan nilai 36.9 juta pound atau sekira Rp637 miliar.

Namun rekor tersebut agaknya akan dipatahkan kembali oleh Liverpool. Saat ini, tim besutan Jurgen Klopp itu tengah mengincar Naby Keita –bek RB Leipzig. Kabarnya, Liverpool menawar Keita dengan harga 70 juta poundsterling atau sekira Rp1,2 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *