SOCCER TIME: Ini Dia, 5 Duet Bek Terhebat Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Posted on

LIGA Inggris memang dikenal dengan gaya bermain yang cepat serta terbuka di setiap klub-klub pesertanya. Maka dari itu, tidak jarang tercipta banyak gol pada sebuah pertandingan-pertandingan di Liga Inggris.

Meski begitu bukan berarti beberapa klub Liga Inggris tak memiliki pertahanan terbaik. Bahkan ada beberapa pasangan pemain bertahan yang disebut-sebut sebagai duet maut, lantaran mampu mengawal lini pertahan klubnya masing-masing dengan luar biasa.

Berikut lima duet bek terhebat dalam sejarah Liga Inggris:

5. Stephane Henchoz dan Sami Hyypia (Liverpool)

Duet Henchoz dan Hyypia bisa dibilang sebagai salah satu pasangan pemain bertahan terbaik yang pernah hadir dalam sepakbola modern. Kehebatan mereka dalam duel udara memang tak perlu diragukan lagi, lantaran memiliki tinggi di atas rata-rata.

Tak hanya kerap memenangi duel udara, Henchoz dan Hyypia juga cukup berani melepaskan tekel kepada para pemain lawan yang memasuki areanya. Keberadaan kedua pemain ini pun mampu memberikan Liverpool titel Liga Eropa, Piala FA, dan Piala Liga Inggris di musim 2000-2001.

4. Kolo Toure dan Sol Campbell (Arsenal)

Kehebatan Arsenal memenangkan Liga Inggris tanpa terkalahkan memang sangat dibantu dengan tajamnya lini serang mereka. Namun kontribusi para pemain bertahan juga tak boleh dilupakan. Duet Toure dan Campbell yang saat itu dipercaya Arsene Wenger mengisi pos pertahanan mampu menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Bagaimana sepanjang Liga Inggris 2003-2004 berlalu, Arsenal hanya mengalami kebobolan sebanyak 12 kali. Wajar jika para pendukung Arsenal menilai duet Toure dan Campbell sebagai pasangan bek terbaik dalam sejarah klub mereka sejak era sepakbola modern dimulai.

3. Tony Adams dan Steve Bould (Arsenal)

Jauh sebelum hadirnya era Arsene Wenger , Arsenal memang sudah dikenal sebagai salah satu klub dengan pertahanan terbaik. Adalah pasangan Adams dan Bould-lah yang disebut-sebut sebagai duet paling hebat dalam sejarah klub asal London Utara tersebut.

Bahkan karena konsistensi performa yang ditunjukkan Adams dan Bould, muncul chat yang kerap dinyanyikan para pendukung Arsenal pada saat ini, yakni One-Nil, to The Arsenal.

2. Ricardo Carvalho dan John Terry (Chelsea)

Sejak hadirnya Jose Mourinho, Chelsea memang dikenal sebagai klub dengan kemampuan bertahan yang luar biasa. Hal tersebut semakin dikuatkan dengan munculnya duet Ricardo Carvalho dan John Terry dalam daftar ini.

Kemampuan Carvalho dan Terry dalam mengawal lini belakang The Blues dalam awal-awal era Mourinho memang sungguh luar biasa. Berkat kontribusi mereka jugalah Chelsea akhirnya mampu menyudahi puasa gelar Liga Inggris atau tepatnya di musim 2004-2005.

1. Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic (Manchester United)

Munculnya nama Ferdinand dan Vidic sebagai pemuncak daftar ini memang tidak perlu diragukan lagi. Kehebatan Ferdinand dalam duel-duel udara ditambah keganasan Vidic memang membuat nyali para penyerang rival Man United menciut.

Selain hebat dalam mengawal pertahanan, Ferdinand dan Vidic juga mampu menjadi penyelamat Man United ketika lini serang mereka tumpul dengan memanfaatkan bola-bola mati. Berkat duet Ferdinand dan Vidic, Man United sukses meraih sejumlah gelar bergenggsi macam Liga Champions, Liga Inggris, dan Piala Dunia Antarklub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *