SOCCERPEDIA: Brad Friedel, Pesepakbola dengan Penampilan Beruntun Terbanyak di Liga Inggris

Posted on

LIGA Inggris diinvasi pemain asing semenjak Roman Abramovich datang membela Chelsea pada musim panas 2003. Karena itu tidak mengherankan, sejumlah rekor di Liga Inggris justru dipegang pesepakbola asing. Sebut saja rekor penampilan terbanyak dipegang pesepakbola asal Wales yang sukses besar bersama Manchester United, Ryan Giggs, dengan 632 penampilan.

Sementara itu, Brad Friedel yang berpaspor Amerika Serikat merupakan pemegang rekor penampilan beruntun di Liga Inggris. Mantan penjaga gawang berkepala plontos itu sempat bermain dalam 310 laga Liga Inggris beruntun!

Momen itu dilakukan Friedel saat membela Blackburn Rovers pada 14 Agustus 2004. Saat itu, Friedel tampil dan The Rovers –julukan Blackburn– bermain 1-1 dengan West Bromwich Albion (WBA).

Setelah empat musim membela Blackburn dan tampil di 261 pertandingan, Friedel memutuskan melanjutkan karier bersama Aston Villa pada 2008. Bersama The Villans –julukan Villa, kiper kelahiran Ohio itu tampil di 114 pertandingan Liga Inggris secara beruntun!

Tampil apik bersama Villa membuat Friedel ditarik Tottenham Hotspur. Pada musim panas 2011, Friedel diboyong The Lilywhites –julukan Tottenham– ke Stadion White Hart Lane. Di musim pertamanya yakni 2011-2012, Friedel diplot sebagai penjaga gawang utama.

Namun di musim kedua atau 2012-2013, pelatih Andre Villas-Boas mendatangkan penjaga gawang Oympique Lyon, Hugo Lloris. Hal itu membuat posisi Friedel terancam. Benar saja, saat Tottenham menjamu Aston Villa pada 7 Oktober 2012, Friedel harus rela duduk di bangku cadangan.

Alhasil, rekornya pun terhenti di angka 310. Selama empat musim membela Tottenham, Friedel tampil di 50 pertandingan Liga Inggris. Di akhir musim 2014-2015, Friedel meninggalkan Tottenham dan langsung memutuskan pensiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *