SOCCERPEDIA: Bukan Gelandang, Ini Sosok Pencetak Assist Tertinggi di Satu Musim Liga Inggris

Posted on

MUNGKIN masih belum banyak yang menyadari bahwa dalam dunia sepakbola, yang menjadi pemeran utama bukan hanya pemain yang mampu mencetak gol. Namun, juga pemain yang mampu memberikan umpan-umpan sehingga terciptalah gol.

Sosok pengumpan dalam dunia sepakbola memang terbilang jarang, lantaran minimnya pemain yang memiliki akurasi umpan yang baik serta tepat sasaran. Banyak orang beranggapan bahwa para pengumpan ini biasanya berposisi sebagai gelandang, yaitu sosok yang mengatur tempo permainan dan mengalirkan bola ke lini serang.

Namun faktanya, hal tersebut tidak melulu demikian. Terdapat juga pemain yang berposisi sebagai striker, tapi mampu menyuplai bola dengan baik. Salah satu striker yang memiliki umpan-umpan ciamik jatuh pada sosok legenda Arsenal, Thierry Henry.

Pria berkebangsaan Prancis itu bukanlah pemain yang beroperasi di lini tengah. Justru sebaliknya, Henry memiliki posisi awal sebagai seorang penyerang tengah, kendati pun ia sering pula diposisikan sebagai seorang second striker dan penyerang sayap kiri.

Siapa yang menyangka bahwa nyatanya sorang yang berposisi seperti Henry dapat menjadi raja assist (pengumpan). Bahkan dalam satu musim, pria yang pernah mengantarkan Arsenal juara Liga Inggris itu mampu mencetak hingga 20 assists.

Catatan tersebut dibukukan Henry pada musim 2002-2003 dan menjadikannya sebagai pemberi assist terbanyak di Liga Inggris musim itu. Namun yang lebih mencengangkan, catatan tersebut juga mengantarkan Henry sebagai pemegang rekor yakni pemain yang paling banyak mencetak assist dalam satu musim di Liga Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *