SOCCERPEDIA: Siapa Peraih Trofi Manager of the Month Liga Inggris Terbanyak?

Posted on

AdAsia

SIR Alex Ferguson bisa dibilang pelatih tersukses di Liga Inggris. Selama 27 tahun menangani Manchester United, Fergie –sapaan akrab Ferguson– membawa Manchester Merah meraih 13 trofi Liga Inggris.

Tidak sampai di situ, pelatih berpaspor Skotlandia juga sukses di hal lain. Tercatat, Fergie sebagai pelatih dengan raihan gelar manager of the month terbanyak di Liga Inggris.

Trofi manager of the month diberikan kepada pelatih yang berhasil mengantarkan tim asuhannya meraih hasil terbaik ketimbang klub lain dalam periode satu bulan. Penganugerahan itu mulai berlangsung pada musim 1993-1994.

Fergie sangat dominan dalam raihan gelar tersebut. Tercatat, Arsene Wenger (Arsenal) yang menduduki posisi dua pengoleksi gelar terbanyak hanya meraih 15 trofi. Karena itu, Fergie bisa dinobatkan sebagai pelatih terbaik Liga Inggris sejauh ini.

Pria yang kini berusia 75 tahun meraih trofi perdana manager of the month pada Agustus 1993. Uniknya, itu merupakan pertama kalinya trofi tersebut diperebutkan.

Raihan tersebut juga berefek ke pencapaian Man United di musim 1993-1994. Di akhir musim, Manchester Merah keluar sebagai juara dengan koleksi 92 angka, unggul delapan poin dari Blackburn Rovers di posisi dua.

Sementara itu, gelar terakhir Fergie diraih pada Oktober 2012. Sama seperti gelar pertama, pada musim tersebut (2012-2013) Man United juga keluar sebagai kampiun Liga Inggris. Saat itu Man United meraih 89 angka, unggul 11 poin dari Manchester City di posisi dua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *