Stadion San Paolo, Saksi Bisu Perjalanan Kesuksesan Napoli

Posted on

BigTVSport –  Stadion San Paolo, Saksi Bisu Perjalanan Kesuksesan Napoli 

NAPLES – Stadion San Paolo merupakan saksi bisu dari klub besar asal Italia yakni Napoli. Apalagi klub besar ini pernah disinggahi oleh mantan bintang sepak bola asal Argentina yakni Diego Maradona. Dibalik kesuksesannya itu San Paolo selalu menemani perjalanan Napoli hingga saat ini.

Stadion terbesar ketiga di Italia ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Napoli dan hampir selalu penuh warga kota dalam setiap pertandingan Napoli.  Stadion ini dibangun untuk menggantikan stadion lama mereka yakni Stadio Partenopeo yang hancur dalam Perang Dunia II karena serangan udara.

Akhirnya setelah resmi dibuka pada 6 Desember 1959, San Paolo menjadi stadion yang besar dan menjadi salah satu tuan rumah di Piala Dunia Italia 1990. Tapi setelah penyelenggaraan tersebut, pamor stadion ini perlahan-lahan lenyap dan bahkan sempat ditutup sementara.

Namun, tahun terakhir ini, San Paolo kembali direnovasi melihat kesuksesan Napoli yang semakin menanjak. Renovasi pun dilakukan untuk bisa memenuhi standar stadion untuk bisa melakukan kompetisi sepakbola Eropa.

Saat ini stadion tersebut berkembang menjadi stadion yang berkapasitas 60,240 kursi penonton. Berbagai hal unik dapat ditemui seperti halnya restoran-restoran khas Italia yang dapat ditemui di dalam stadion.

Stadion ini dibangun sejak 1948 dan membutuhkan 11 tahun untuk menjadi stadion kebanggaan Napoli itu. Selain itu pada 1990 dan 2010, San Paolo mengalami renovasi dua kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *