Tampil Gemilang di Level Timnas dan Klub, Bambang Pamungkas Jadi Salah Satu Ikon Asia

Posted on

Bambang Pamungkas (Foto: Laman resmi AFC)

KUALA LUMPUR – Pemain Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, menjadi salah satu ikon Asia berdasarkan keputusan AFC selaku federasi sepakbola Asia. Hal itu ditentukan AFC lantaran Bepe –sapaan akrab Bambang Pamungkas— tampil gemilang di level Timnas Indonesia dan klub.

Bepe dinilai memberikan pengaruh besar bagi skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2007 meski gagal lolos ke fase knock-out. Saat itu, Bepe menjadi kapten Tim Garuda saat tampil di hadapan pendukung sendiri.

 

Berdasarkan laporan laman resmi AFC, Rabu (5/7/2017), Bepe berhasil mengantarkan Persija menjuarai Liga Indonesia 2001. Dijelaskan pula perjalanan karier Bepe di level timnas meski hanya berstatus menjadi top skor di ajang Piala AFF hingga pengalamannya membela klub asal Malaysia, Selangor FC.

Bepe telah mencatatkan rekor di ajang Piala AFF dengan mencetak 12 gol. Raihan itu membuatnya masuk dalam daftar kelima top skor turnamen bersama legenda Thailand, Kiatisuk Senamuang.

Setelah memutuskan gantung sepatu dari timnas, Bepe membela Pelita Bandung Raya (sekarang Madura United) sebelum akhirnya kembali ke Persija pada 2015. Pemain berusia 37 tahun itu telah mencetak 150 gol selama 18 tahun dalam empat periode. Hal itu membuat Bepe layak menjadi seorang legenda sepakbola sejati untuk klub dan negaranya, serta menjadi ikon Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *