Tanggapi Undian Grup SEA Games 2017, Ini Bentuk Sikap PSSI

Posted on

Plt Sekjen PSSI, Joko Driyono (Foto: Okezone / Heru Haryono)

JAKARTAPersatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memberikan sikap resmi terkait regulasi undian pembagian grup cabang olahraga sepakbola dan futsal di SEA Games 2017. Aturan itu dianggap bisa mendapat respons negatif dari negara-negara peserta ajang multi-event dua tahunan tersebut.

Dalam regulasi itu disebutkan Malaysia berhak memilih grup mana saja lantaran mendapat keistimewaan sebagai tuan rumah. Seperti diketahui, dalam kejuaraan manapun di dunia tidak pernah ada tuan rumah bebas menentukan grup di mana ia akan tergabung.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Joko Driyono, memberikan komentarnya terkait aturan tersebut. Joko mengatakan, PSSI berada dalam posisi yang sama dengan negara anggota AFF lain yang juga peserta SEA Games 2017 untuk menyatakan keberatan atas mekanisme undian tersebut.

Sebelumnya, para anggota AFF dalam pertemuan Dewan AFF di Nha Trang, Vietnam pada 1 Juli 2017, menilai mekanisme pengundian yang ditetapkan Panitia SEA Games 2017 Malaysia (Masoc) bertentangan dengan nilai keadilan dan integritas multi-event di level Asia Tenggara. Akan tetapi, lantaran AFF secara struktural tidak berhubungan dengan SEA Games, peserta SEA Games 2017 bersepakat meminta AFC untuk langsung menangani persoalan tersebut.

“AFF tidak ada hubungannya dengan SEA Games, namun AFC jadi pihak yang menyetujui regulasi yang diterapkan dalam SEA Games sehingga PSSI dan sesama anggota AFF lain sepakat mengirim surat ke AFC yang berisi keberatan kami atas penerapan mekanisme itu,” kata Joko Driyono melalui keterangan pers di Jakarta, Senin (3/7/2017).

“Harapan kami sebenarnya sederhana, yakni SEA Games 2017 menggunakan mekanisme drawing seperti kebiasaan yang selama ini sudah berjalan,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *