Wanda Metropolitano, Stadion Anyar Atletico Madrid Seharga Rp4,4 Triliun

Posted on

ATLETICO Madrid resmi berpisah dengan Vicente Calderon musim ini. Artinya, Los Cholconeros –julukan Atletico– akan memiliki stadion baru yang akan digunakan sebagai markas mereka musim depan.

Adalah Stadion Wanda Metropolitano, yang akan menjadi kandang Atletico mulai musim 2017-2018. Pembangunan Stadion dengan kapasitas 68 ribu penonton tersebut dikabarkan menelan biaya fantastis senilai 300 juta euro atau sekira Rp4,4 triliun.

Sejatinya, Wanda Metropolitano sendiri bukan tempat baru bagi Atletico. Mengingat, stadion yang semula bernama Metropolitano atau Estadio Olimpico de Madrid itu merupakan kandang bagi Los Cholconeros sebelum pindah ke Vicente Calderon.

Pada tahun 2004, Estadio Olimpico de Madrid ditutup untuk proyek masa depan karena saat itu Madrid bertekad untuk menjadi tuan rumah gelaran Olimpiade 2016. Sayang, pengajuan tersebut akhirnya ditolak dan Rio de Janeiro yang terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade 2016.

Meski begitu, nyatanya banyak klub yang mengajukan proposal menggunakan Estadio de Madrid sebagai markas mereka. Namun, Atletico akhirnya mengajukan proposal untuk membeli stadion kepada Pemerintah Kota Madrid dengan harga 30 juta euro pada 2011 dan baru dilakukan pembangunan dua tahun kemudian.

Nama Wanda Metropolitano sendiri dipilih setelah Atletico menjalin kerja sama dengan perusahaan properti asal China, Dalia Wanda Group.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *