Wasit Sepakbola yang Memiliki Pekerjaan Lain

Posted on

Howard Webb sempat bertugas sebagai polisi sebelum menjabat sebagai wasit profesional. (Foto: AFP)

MENJALANI pekerjaan sebagai pengadil di lapangan hijau memang tidak mudah. Tidak semua orang dapat bertindak cepat, tegas, dan objektif dalam mengambil keputusan. Para wasit juga harus siap menerima risiko atas keputusan yang diambilnya.

Menjadi seorang wasit harus memiliki keberanian dan nyali yang besar. Pekerjaan yang menentukan jalannya pertandingan ini kerap kali dihindari oleh orang-orang. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Howard Webb.

Sebelum menjadi wasit FIFA pada 2005, Webb adalah seorang petugas kepolisian Inggris. Meski begitu, ia sering dipanggil untuk menjadi wasit pada pertandingan domestik sejak 1993.

Wasit yang memimpin final Piala Dunia 2010 itu mengaku menggemari sepak bola semenjak kecil. Hal ini mungkin tertular dari sang ayah, yang juga merupakan wasit sepak bola selama 35 tahun.

Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia pun juga ada wasit yang memiliki pekerjaan lain. Sosok itu adalah Jumadi Efendi. Pria asal Malang ini memiliki pekerjaan sebagai kasir di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA).

Jumadi menjalani profesi sebagai kasir rumah sakit sejak lulus SMA. Profesi itu bahkan terus ditekuninya hingga sekarang. Apalagi saat persepakbolaan Indonesia sedang mengalami mati suri, pekerjaan sebagai kasir diakuinya menjadi penolong perekonomian keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *